Volkswagen Golf R400 Akan Masuk Jalur Produksi Massal

Volkswagen Golf R400 Akan Masuk Jalur Produksi Massal
0  komentar

Volkswagen Golf R400 Concept 2015AutonetMagz – Biasanya ketika insinyur Volkswagen membuat hot hatch kebanggaan mereka, yaitu Golf dalam bentuk yang dramatis, selalu berujung dengan batalnya versi produksi dikarenakan beberapa hal. Contohnya ketika Volkswagen Golf GTi W12 muncul pada tahun 2007, yang merupakan Golf paling ekstrim yang pernah ada. Bagaimana tidak? mesin 6.0-liter W12 turbo ganda dari Bentley yang dipasang di tengah mobil, persisnya di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, mampu memuntahkan tenaga 650 HP dan torsi 720 Nm. Golf GTi W12 juga menganut sistem transmisi dan penggerak AWD yang sama dengan Lamborghini Gallardo. Singkatnya, dia menyimpan nyawa supercar dalam bentuk hatchback.

Volkswagen Golf GTI W12 tampak depan

Namun, Golf GTi W12 harus rela untuk tampil sebagai mobil konsep saja, karena handling-nya sangat susah dijinakkan meski sudah memakai gerak empat roda dan biaya produksinya juga akan sangat besar. Selain itu, Volkswagen juga tidak ingin menghancurkan citra Golf GTi sebagai hot hatch yang betenaga namun bisa dikendalikan dengan mudah, bukan monster yang susah dijinakkan.

Volkswagen Golf GTI W12 tampak belakang

Setelah itu, kini Volkswagen kembali menggebrak dunia dengan menghadirkan Golf GTi Design Vision. Mesin yang diusungnya sama dengan Golf R32, yaitu mesin 3.2 liter V6. Namun kehadiran sepasang turbo membuat tenaganya melonjak menjadi 503 HP dan torsi 560 Nm, jauh dari standarnya yang ‘hanya’ 247 HP dan 320 Nm. Mungkin secara spesifikasi, ia tidak seberingas GTi W12, namun yang paling menarik adalah bentuknya. Design Vision GTi ini seolah-olah merupakan kawin silang antara Golf Mk7 dan Audi R8, karena kisi-kisi udara, sideblades, lampu depan-belakang dan siluet bodinya yang tajam sangat mirip dengan R8.

  1. Volkswagen Design Vision GTI tampak depan

Tapi lagi-lagi, versi konsep ini harus puas untuk tetap tampil sebagai konsep belaka. Pasalnya, Volkswagen membuat mobil ini hanya untuk memberi visi akan seperti apa desain Golf ke depannya, sesuai dengan namanya, Design Vision. Dan lagi-lagi, alasan biaya produksi yang kelewat mahal juga menjadi salah satu kendalanya.

Volkswagen Design Vision GTI tampak belakang

Tahun 2014 ini, sebuah Golf sangar telah hadir kembali. Berlabel R400, Golf yang satu ini tetap memakai mesin dari Golf R, namun berkat sedikit ‘resep rahasia’ dari Volkswagen, tenaganya naik dari 270 HP ke 395 HP, demikian pula dengan torsinya yang standarnya 380 Nm menjadi 450 Nm. Output tersebut disalurkan ke sistem AWD khas Volkswagen, yaitu 4MOTION. Desainnya lebih agresif dari GTi standar, tapi ada satu hal yang unik. Jika biasanya versi GTi tampil dengan aksen merah di beberapa bagian eksterior dan interior, R400 justru menggunakan warna kuning, membuatnya tampil lebih spesial daripada varian GTi atau R sekalipun.

Volkswagen Golf R400 Concept tampak belakangInterior Seat Volkswagen Golf R400 ConceptInterior dashboard Volkswagen Golf R400 Concept

Lalu, apa ‘serigala berbulu domba’ ini batal produksi lagi? Well, di Beijing Auto Show 2014, chief R&D Volkswagen, Heinz-Jakob Neusser telah mengkonfirmasi kalau Golf R400 akan masuk jalur produksi. Nah, kalau memang benar begitu, berarti Golf ini akan menjadi Golf versi produksi paling bertenaga yang pernah ada. Bikin ngiler yah!

Read Prev:
Read Next:
  • Klo masuk indonesia kyk nya ane jg blm mampu beli ne mobil huahuahua (cukup ngiler aj dah bro) 🙂