Mesin Volkswagen Golf Mk7 Facelift Akan Berubah Jadi 1.5 L Turbo

Mesin Volkswagen Golf Mk7 Facelift Akan Berubah Jadi 1.5 L Turbo
0  komentar
vw golf mk7

AutonetMagz.com – Meski mesin bensin 1.400 cc TSI milik VW Golf yang bisa dinikmati di Indonesia sudah terbukti kehandalannya dari segi tenaga, teknologi maupun efisiensi, tapi bukan berarti tidak ada ruang untuk pembenahan. Volkswagen sendiri punya niat untuk mengubah kapasitas mesin 1.400 cc turbonya jadi 1.500 cc TSI, termasuk mesin diesel 1.600 cc TDI milik Golf, tapi bukan dinaikkan seperti yang mesin bensin, namun diturunkan jadi 1.500 cc TDI.

Diklaim, mesin 1.500 cc TSI ini sengaja dipersiapkan untuk kemunculan Golf Mk7 facelift. Seperti mesin 1.400 cc TSI yang sekarang, fungsi cylinder-on-demand akan dipertahankan pada mesin 1.500 cc baru. Malah, menurut Motoring, VW juga akan membuat mesin 1.000 cc 3 silinder TSI baru yang sedikit banyak memiliki kesamaan komponen dengan mesin 1.500 cc TSI-nya.

mesin tsi vw golf

Tidak hanya itu, mesin 1.000 cc dan 1.500 cc itu akan dibuat di jalur produksi yang sama. Apa alasan mesin-mesin ini dibuat? Yang pertama jelas untuk bisa lolos aturan emisi Euro 6.2 yang akan berlaku akhir 2017, dan selain itu adalah untuk bisa merebut kembali tahta International Engine of The Year yang sempat dicuri oleh Ford Ecoboost dan BMW TwinPower Turbo.

vw golf mk7 rear

Volkswagen hanya mau menjelaskan sedikit resep simpel soal mesin 1.500 cc-nya. Berbasis mesin 1.400 cc, VW akan memanjangkan stroke-nya supaya kapasitas naik dari 1.400 jadi 1.500. Untuk yang diesel, diameter bore akan dikurangi dalam upaya menurunkan kapasitas mesin dari 1.600 cc jadi 1.500 cc. Jangan lupa, dua-duanya pakai turbo.

Penjelasan lainnya keluar dari mulut CEO VW, Herbert Diess, yang menyatakan bahwa untuk membuat mesin baru ini, arsitektur mesin lama akan menjadi pondasinya. Dulu, Diess sempat bekerja di BMW, dan ia sangat mengenal mesin 1.500 cc 3 silinder turbo milik BMW yang mayoritas komponennya sama dengan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo. Sekarang di VW, ia akan menerapkan langkah serupa dalam pembuatan mesin baru ini.

mesin tdi vw golf

Mesin 1.500 cc TSI ini nanti dijanjikan lebih ringan dan efisien dari mesin 1.400 cc TSI sekarang, tapi VW terang-terangan soal biaya produksi mesin ini yang pasti jadi makin mahal. Ingat, karena ini VW, mesin ini pasti turun ke merek-merek naungannya seperti Audi, Skoda dan Seat. Duh, berarti nanti saat Golf TSI facelift muncul, Ford Focus Ecoboost punya lawan yang seimbang dari segi mesin ya. Apa komentarmu? Sampaikan di bawah sini!

Read Prev:
Read Next:
  • alfian

    Desain Golf itu simple tapi kok kelihatan ganteng ya

    • Aryo Wicaksono

      ya, itulah kelebihan desain eksterior mobil Jerman, Gan.