Viar Gandeng BOSCH dan UGM Rilis Skuter Listrik Viar Q1

Viar Gandeng BOSCH dan UGM Rilis Skuter Listrik Viar Q1
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa waktu tak terdengar sepak terjangnya, dan juga lebih banyak konsen ke tipe trail, Viar memberikan gebrakan baru di dunia roda dua tanah air. PT Triangle Motorindo (TM) sebagai pengelola brand Viar Indonesia baru saja menelurkan sebuah motor listrik bernama Viar Q1.

Viar Q1 sendiri adalah motor yang cukup istimewa, bukan sekedar karena statusnya yang merupakan motor listrik, tetapi juga latar belakang dimulainya proyek produksi dari Viar Q1. Viar Indonesia tak sendirian menggarap Viar Q1, karena pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan BOSCH, supplier otomotif kelas kakap dunia, serta Universitas Gajah Mada untuk bekerja sama menyukseskan produksi Viar Q1.

Di kawasan ASEAN sendiri, tahun lalu BOSCH telah berhasil memasok e-Scooter Driving System, driving system untuk motor listrik yang diluncurkan di Vietnam. Dan kini melalui Viar Q1, BOSCH juga memperkenalkan sang sistem yang telah tertanam di tiap unit Viar Q1. Dalam acara launching Viar Q1 ini sendiri dihadiri oleh Deden Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo, dan juga Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia.

Dengan eksistensi Viar Q1 sendiri, Viar Indonesia menawarkan kepada masyarakat sebuah motor mungkil yang mudah dikendarai, murah dan juga bebas dari resiko polusi. Yang menarik juga, Viar Q1 memiliki konektivitas dengan smartphone berjenis android. Mari kita masuk lebih dalam pada spesifikasinya. Viar Q1 memiliki tenaga sebesar 800 watts, yang mana dalam sekali pengisian daya yang memakan waktu 5 – 7 jam hingga penuh, maka anda akan bisa menempuh jarak sejauh 70 km dengan maksimal kecepatan di angka 70-an km/jam.

Viar Q1 sendiri memiliki aki dengan tipe Lithium Maintenance Free 60V20AH, yang juga diperlengkapi dengan charger input 220 volt yang mampu mengeluarkan power sebesar 50 Hz. Viar Q1 sendiri juga cukup ringan, karena bobotnya hanya di angka 78,5 kg saja dengan ground clearance setinggi 155 mm. Untuk urusan rangka, Viar Q1 menggunakan rangka besi dengan suspensi depan teleskopik dengan suspensi belakang double swing shock.

Kaki – kaki sendiri cukup mendukung ukuran bodinya dengan ukuran 90/90-10 di depan da belakang, dan yang menarik adalah penggunaan rem cakram di sisi depan dan belakang yang tidak kita temui di skutik dengan range harga dibawah 20 juta di tanah air. Lampu LED di depan dan belakang juga menambah daya penerangan yang baik, diikuti adanya USB Charger dan yang menarik adalah model Push Start Stop Engine Button, jadi inget… Ah Sudahlah.

Viar Q1 sendiri dibanderol dengan harga cukup urah, yaitu di angka 16,2 Juta-an saja di Jakarta. Motor bermsin dari BOSCH ini sendiri telah dilengkapi legalitas berupa STNK dan Nomor Polisi. Jadi, jika anda mnngidam-idamkan motor sibawah 20 juta namun pollution-free, mungkin Viar Q1 patut anda pertimbangkan. Bagaimana pendapatm kawan? Komentar di bawah ya.

Foto by Blogger Kawakan Lek IWB.

Read Prev:
Read Next: