Uji Coba Generasi Baru Porsche Panamera Sudah di Tahap Akhir, Bakal Debut November Ini!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Uji Coba Generasi Baru Porsche Panamera Sudah di Tahap Akhir, Bakal Debut November Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kebanyakan dari pabrikan mobil biasanya menyembuyikan informasi mengenai proses kelahiran dari produk barunya. Kalaupun iya, biasanya akan diceritakan setelah mobilnya dirilis. Tapi tidak dengan Porsche, mereka blak-blakan memberi tahu kita bahwa tahapan dari generasi baru Porsche Panamera sudah dalam tahap akhir. Mobil tersebut sedang di-test drive untuk yang terakhir kalinya di Barcelona dan para insinyur sedang memeriksa detail akhir dari generasi baru tersebut.

Metode Pengetesan

Sebagai informasi, sebuah mobil sebelum dipasarkan, apalagi jika dipasarkan secara worldwide maka harus melalui sejumlah pengujian yang ekstrim. Hal bertujuan untuk menguji bagaimana daya tahan mobil tersebut dengan beragam kondisi yang berbeda-beda. Agar tidak diketahui oleh masyarakat umum, mobil biasanya ditutupi oleh wrapping kamuflase agar ciri khasnya tidak terlalu dikenali. Pengujian ini terkadang bukan dalam bentuk mobil secara utuh, melainkan juga sasisnya dan dipasangkan dengan mule model dari pabrikan tersebut.

Misalnya, pengujian di AS untuk memeriksa bagaimana kinerja drivetrain pada altitude tinggi dan tingkat oksigen rendah, serta menguji kinerja cooling system mesin dan AC pada kondisi panas yang ekstrim. Sementara di Skandinavia, pengujian dilakukan dengan mengendarainya pada suhu yang sangat rendah. Lalu, di Afrika Selatan, mereka mengendarainya pada medan jalan yang sulit dengan cuaca panas yang ekstrim. Sedangkan di Asia, kelembapan udara yang tinggi dan kemacetan lalu lintas di kota-kota besar juga menjadi tantangan tersendiri untuk pengetesan mobil ini.

Mesin dan Suspensi

Sedikit spoiler, generasi terbaru ini memiliki empat varian E-Hybrid. Basis dari semua varian E-Hybrid adalah motor listrik baru yang lebih bertenaga dan sepenuhnya terintegrasi dalam transmisi dual clucth baru. Sumber tenaga berasal dari baterai high-voltage dengan kapasitas jauh lebih tinggi yaitu 25,9 kWh. Dengan charger berdaya 11 kW akan mempersingkat waktu pengisian meskipun power-nya meningkat. Seluruh drivetrain juga dipersiapkan untuk standar emisi yang lebih tinggi di masa depan.

Bersamaan dengan jajaran mesin yang direvisi secara komprehensif, Porsche juga melakukan pengembangan baru di sektor lainnya, seperti opsi sasis dengan active damper control. Panamera nantinya akan dilengkapi dengan semi-active chassis dengan two-valve shock absorbers yang dapat mengatur tahap kompresi dan rebound secara independen. Hal ini secara signifikan memperluas range antara tuning sasis dengan settingan comfort atau high-peformance pada sasis standar baru tersebut.

Read Prev:
Read Next: