Transmisi Fortuner dan Innova Bermasalah, Ganti Transmisi Belum Jadi Solusi

by  in Toyota
Transmisi Fortuner dan Innova Bermasalah, Ganti Transmisi Belum Jadi Solusi
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Para pengguna All New Toyota Fortuner dan All New Kijang Innova yang memiliki transmisi automatic 6 percepatan mengeluhkan masalah transmisi mereka yang bekerja tidak semestinya. Para pemilik dua jenis mobil tersebut yang bermasalah mengundang wartawan untuk berdiskusi dan bercerita langsung tentang masalah yang dialami mobil mereka yang tak kunjung usai di Kopi Tiam, SCBD.

Masalah tersebut dikarenakan transmisi 6 percepatan otomatis buatan Aisin memiliki masalah yang kerap mengganggu saat berkendara di All New Toyota Fortuner VRZ dan Toyota Kijang Innova. Jimmy, pemilik Toyota Fortuner VRZ mengatakan pengalamannya kepada AutonetMagz, mobil miliknya yang dibeli pada bulan Juni silam mengalami hentakan kasar pada saat deselerasi di kecepatan 40-60 kilometer perjam dan terkadang memindahkan tuas transmisi dari P ke R atau sebaliknya dibutuhkan tenaga ekstra karena sangat keras. Hal tersebut sangat mengganggu sehingga ia pun mengeluhkan hal ini ke bengkel resmi.

pemilik-toyota-fortuner-bermasalah

Pemilik Toyota Fortuner dan Innova yang memiliki masalah transmisi

Setelah mengeluhkan masalah tersebut saat melakukan service 1.000 km, bengkel resmi melakukan remap TCU dan menyarankan kepada pemilik untuk untuk menarik rem tangan terdahulu di posisi N sebelum berpindah ke posisi P agar transmisi tidak keras saat dipindahkan dari posisi P. Namun sayangnya, setelah dilakuan Remap TCU, hentakan saat deselerasi tidak kunjung hilang, justru transmisi Fortuner VRZ miliknya malah mengalami masalah tambahan. Ketika hendak berakselerasi, transmisi sudah melakukan perpindahan gigi di Rpm dibawah 1.500 dan terasa hilang tenaga saat hendak berakselerasi di kecepatan 70-80 kilometer perjam. Parahnya lagi, jika hendak mesin berputar di putaran tinggi seperti saat hendak menyusul atau engine brake, dari kap mesin terdengar suara gemuruh seperti suara kipas masuk ke dalam kabin, padahal sebelum melakukan remap TCU, masalah transmisi ada hanya pada hentakan saat melakukan deselerasi.

Untungnya, bengkel Toyota cukup tanggap dan menangani serius dalam menghadapi hal ini, bahkan salah satu user Fortuner VRZ asal Surabaya, Rizal, mendapatkan penggantian unit transmisi utuh untuk mengatasi keluhan yang sama dengan Jimmy. Setelah mengganti unit transmisi, Rizal mengatakan kepada AutonetMagz bahwa masalah hentakan saat deselerasi hilang, tapi masalah perpindahan gigi di Rpm rendah saat akselerasi dan masalah engine break masih terasa, akhirnya sekitar 2 minggu lalu, unit milik Rizal kembali lagi masuk ke bengkel resmi untuk melakukan remap TCU di unit transmisi baru tersebut. Diluar masalah transmisi, Rizal juga mengeluhkan AC Fortunernya yang tidak dingin meskipun sudah diperbaiki, kemudian kambuh lagi beberapa hari setelahnya.

transmisi matik all new Toyota Kijang Innova

Tidak hanya Fortuner, Innova juga mengalami hal serupa. Menurut pengalaman Budi, All New Toyota Kijang Innova G Diesel automatic miliknya mengalami hentakan yang sangat kasar pada saat akselerasi di kecepatan 40 kilometer perjam, saking kasarnya suara tersebut, seluruh penumpang yang tadinya tertidur sampai terbangun, kemudian ia menepi karena dipikirnya ia menabrak sesuatu. Setelah di cek di bengkel, mobilnya diangkat menggunakan lifter dan ban mobil dibiarkan berjalan, dari situ baru diketahui ternyata suara kasar dan hentakan tersebut berasal dari transmisi mobilnya sendiri.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Budi sudah 2 kali melakukan remap TCU, kemudian juga dilakukan pembersihan Selenoid dan penggantian oli transmis. Ia mengaku terkejut ketika melihat oli transmisinya memiliki banyak sekali gram dan sudah kotor, padahal waktu itu kilometer kendaraan miliknya baru menempuh 13.000 kilometer. Sialnya, sederetan langkah perbaikan tersebut tidak juga menuntaskan masalah transmisi, bahkan kini lebih parah karena hentakan tersebut semakin sering terjadi,. Kepada AutonetMagz, Ia mengaku kecewa dan lelah karena harus bolak-balik ke bengkel tanpa mendapatkan solusi.

perbaikan-transmisi-innova-di-bengkel

Petugas bengkel resmi sedang memperbaiki transmisi Kijang Innova milik Bapak Budi

Para pemilik Fortuner dan Innova yang bermasalah ini rencananya akan bertemu dengan pihak TAM pada hari Rabu besok tanggal 12 Oktober 2016 untuk menyampaikan keluhan mereka. Stay tune terus di AutonetMagz, karena kami akan mengikuti perkembangan masalah ini lebih lanjut. Jika kalian adalah salah satu pemilik Toyota Fortuner dan Kijang Innova yang mengalami hal serupa, sampaikan pengalaman anda di kolom komentar, karena komentar di artikel ini akan disampaikan juga di pertemuan esok.

Read Prev:
Read Next: