Trademark Honda CR-Z Muncul Lagi, Mau Reborn?

by  in  Berita & Honda & International
Trademark Honda CR-Z Muncul Lagi, Mau Reborn?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan Honda CR-Z? Mobil yang menurut kami agak ‘krisis identitas’ antara mobil sport dan hybrid tersebut sebenarnya sudah disuntik mati pada tahun 2016 silam. Namun, menariknya, tiba – tiba Honda memperpanjang trademark dari nama Honda CR-Z beberapa waktu yang lalu. Untuk apa? Tentunya ada tujuannya, bukan sekedar iseng belaka kan.

Mengutip informasi via MotorTrend, pada tanggal 29 Juli 2020 kemarin Honda telah mengajukan trademark baru untuk Honda CR-Z di Amerika Serikat. Asumsi awalnya, bisa jadi Honda hanya ingin memberikan proteksi pada hak merk Honda CR-Z walaupun sudah tidak diproduksi. Namun, ada sedikit kejanggalan disini. Jikalau Honda yang sekedar ‘memperpanjang’ hak merek dari Honda CR-Z, tentunya masa jatuh temponya tak jauh dari masa pengajuan baru tersebut kan? Faktanya, masa berakhir dari hak merk Honda CR-Z adalah tanggal 30 Juni 2017 silam. Dan kami rasa terlalu naif jikalau menyimpulkan bahwa Honda lupa memperpanjang trademark tersebut.

Toh selisih waktunya mencapai lebih dari 3 tahun. Dan sampai sekarang, belum ada trademark Honda CR-Z yang didaftarkan diluar Amerika Serikat, belum ya, bukan tidak ada. Kondisi ini membuat banyak prediksi dan kecurigaan pun muncul. Salah satunya adalah peluang Honda menghadirkan kembali sosok Honda CR-Z di versi terbaru. Hanya saja, masih terlalu dini dan minim informasi mengenai peluang tersebut. Bahkan, Kantor paten dan hak merk US belum memberikan review dan persetujuan kepada Honda terhadap trademark Honda CR-Z yang mereka ajukan. Honda CR-Z sendiri hadir pertama kali di tahun 2010 silam pada North American International Auto Show.

Mobil tersebut masuk dalam segmen mobil hybrid dengan mengusung mesin 1.500cc Hybrid dengan tenaga 122 hp dan torsi 174 Nm. Di tahun 2013 silam, Honda CR-Z juga mendapatkan update berupa opsi mesin baru dengan teknologi hybrid yang mampu memuntahkan tenaga 130 hp dan torsi 190 Nm. Sayangnya, di tahun 2016 Honda CR-Z harus disuntik mati dengan alasan untuk memberikan ‘ruang’ bagi eksistensi produk hybrid lain Honda seperti Honda Clarity. Di US sendiri pihak Honda beberapa waktu terakhir sedang ‘merampingkan’ line up mereka dengan menyuntik mati beberapa produk termasuk Honda Fit a.k.a Honda Jazz. Nah, kalau Honda CR-Z reborn, bisa jadi Honda akan memberikan sentuhan yang segar pada line up mereka.

Namun jangan berharap akan menuju ke Indonesia dalam waktu dekat ya, toh keberadaan Honda CR-Z versi terdahulu di Indonesia juga minim. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: