Toyota Gandeng Subaru Rancang SUV Listrik!

Toyota Gandeng Subaru Rancang SUV Listrik!
0  komentar

Autonetmagz.com – Bisa dikatakan bahwa relasi Toyota dengan Subaru adalah salah satu team up yang sukses. Sejak projek kolaborasi pertama mereka sukses dalam bentuk Toyota 86 dan Subaru BRZ, dua manufaktur dari Negara Sakura ini mempererat lagi hubungan mereka dengan Toyota menambah jumlah saham kedalam Subaru dari 16 persen menjadi 20 persen.

Namun satu pertanyaan muncul, akankah Toyota dan Subaru memunculkan sebuah mobil baru lain dalam bentuk kolaborasi? Subaru sudah menjadi bagian dari Toyota Motor Corporation dan mereka akan saling membantu dalam hal development dan produksi mobil. Baru – baru ini, Subaru dan Toyota juga telah mengeluarkan mobil konsep terbaru mereka. Eits, tapi mobil ini bukan penerus Subaru BRZ dan Toyota 86. Namun mobil konsep terbaru ini adalah sebuah SUV listrik. Website otomotif Jepang, Spyder7 adalah sumber pertama yang membocorkan nama SUV terbaru ini.

Untuk varian milik Subaru akan dinamai Subaru Evoltis dan beberapa laporan menyatakan kalau mobil ini akan duluncurkan pada Oktober 2021. Namun untuk versi Toyota-nya belum banyak yang diketahui. Bulan lalu sebuah paten milik Toyota bocor di Tiongkok dan menunjukan dua mobil elektrik baru. Dua mobil ini menggunakan basis platform e-TNGA, dimana platform ini di-co-develop oleh Toyota dan Subaru untuk mobil listrik masa depan mereka. Nah, platform ini juga diberi nama e-TNGA “skateboard” karena tujuannya adalah untuk mengurangi biaya pengembangan dan operasional.

Caranya adalah dengan menggunakan satu chassis lengkap dengan baterai, motor listrik dan suspensi. Lalu jenis-jenis bodi yang berbeda akan digunakan oleh chasis ini untuk membuat model-model baru. Belum banyak info soal powertrain mobil-mobil ini, namun ada kemungkinan akan ada beberapa pilihan baterai mulai dari 50kWh hingga 110kWh. Jadi bagaimana menurut kalian? Akankah kolaborasi terbaru Subaru dan Toyota menghasilkan SUV listrik yang bakal bawakan mereka sukses? Tulis opini kalian di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: