Toyota Gandeng BYD untuk Kembangkan Mobil Listrik

by  in Berita&BYD&International
Toyota Gandeng BYD untuk Kembangkan Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan merk BYD? Sebenarnya, sebelum ramainya perbincangan mengenai BYD e6 yang digunakan untuk mobil operasional Bluebird, kami sudah beberapa kali membahas merk yang memiliki tagline ‘Build Your Dreams’ tersebut. Oleh karenanya, kami cukup mengerti bahwa pabrikan asal China ini memiliki usaha yang serius untuk menggarap segmen hybrid dan listrik. Nah, hal yang sama nampaknya juga diperhatikan oleh Toyota, dimana pabrikan asal Jepang ini baru saja meresmikan kerjasama antara keduanya di bidang mobil listrik.

Mengutip informasi via PaulTan, pihak Toyota dan BYD telah resmi menandatangani kontrak kerjasama demi membentuk sebuah JV alias joint venture untuk mengakomodir riset dan pengembangan mobil listrik. Langkah ini menjadi kelanjutan atas kesepakatan keduanya dalam hal mobil listrik yang mulai dibangun di bulan Juli silam. Nah, kerjasama antara keduanya akan berfokus pada bidang R&D mobil listrik, termasuk pengembangan platform untuk digunakan oleh keduanya. Komponen mobil listrik juga akan menjadi fokus dari JV antara BYD dan Toyota ini.

Jika sesuai dengan rencana, maka realisasi dari kerjasama Toyota dan BYD akan diwujudkan di tahun 2020 mendatang. Bahkan, keduanya juga berencana untuk saling bertukar engineers guna mengembangkan R&D mereka di bidang mobil listrik. VP Senior BYD, Lian Yu-Bo menyebutkan bahwa pihaknya berniat untuk menggabungkan kekuatan BYD dalam hal pengembangan baterai untuk mobil listrik dengan kualitas produksi serta fitur keselamatan canggih yang dimiliki oleh Toyota. Gabungan keduanya menurut Yu-Bo akan menghadirkan mobil listrik yang memenuhi kebutuhan dari konsumen.

Shigeki Terashi, Executive VP Toyota menyatakan bahwa dengan tujuan yang sama untuk mempromosikan mobil listrik, pihaknya mengapresiasi keputusan BYD dan Toyota untuk bekerja sama. Shigeki juga menyebutkan bahwa pihaknya akan mengesampingkan rivalitas keduanya dan berkolaborasi untuk melakukan ekspansi dalam hal mobil listrik. BYD sendiri akan menjadi partner strategis ketiga dari Toyota setelah FAW dan GAC. Tentunya menarik untuk melihat bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun sebuah mobil listrik yang menggabungkan keunggulan dari kedua merk lintas negara tersebut.

Bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: