Toyota Yaris Bakal Facelift Lagi, Rilis Bulan Depan di Thailand!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Yaris Bakal Facelift Lagi, Rilis Bulan Depan di Thailand!
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen sub compact hatchback yang dahulu sangat digemari oleh generasi muda di Indonesia kini perlahan mulai melempem. Bagaimana tidak, munculnya SUV dan crossover berukuran mungil dengan tampilan yang menarik dan fitur menggiurkan membuat konsumen teralihkan. Alhasil, segmen ini tidak lagi semenarik dahulu. Walaupun begitu, Toyota nampaknya enggan untuk menyerah dengan segmen ini. Malahan, jagoan mereka di segmen ini yaitu Toyota Yaris akan kembali disegarkan lagi. Yuk kita bahas.

Dapat TSS dan Fitur Baru Lainnya

Toyota Yaris Hatchback berkode XP150 akan segera berusia 10 tahun di tahun 2024 mendatang. Namun, sampai detik ini, tidak ada tanda-tanda Toyota akan menggantikannya dengan model baru. Padahal, versi sedannya yaitu Toyota Vios sudah berganti generasi dengan basis DNGA-B yang sama seperti Toyota Avanza dan Veloz. Kabar terbaru menyebutkan bahwa dalam waktu dekat ini Toyota Thailand akan menyegarkan (lagi) Toyota Yaris Hatchback. Kalau dihitung-hitung, maka ini adalah facelift yang ke 4 dalam 9 tahun terakhir. Berdasarkan rumor yang beredar, perubahan yang paling kentara ada pada tambahan sistem keselamatan.

Yap, Toyota Yaris Hatchback akhirnya akan mendapatkan sepaket Toyota Safety Sense (TSS), walaupun jangan berharap muluk-muluk seperti TSS generasi terbaru di Toyota Kijang Innova Zenix. Rumornya, TSS di Toyota Yaris Hatchback hanyalah pre collision system dan lane departure warning saja. Sedangkan dynamic radar cruise control dan lane keeping assist nampaknya masih belum akan diberikan. Untuk melengkapi sepaket TSS tersebut, Toyota Yaris Hatchback juga bakal mendapatkan fitur blind spot monitoring dan rear cross traffic alert. Selain itu, Toyota Yaris Hatchback juga akan mendapatkan kamera 360, lampu LED baru (untuk semua varian), serta head unit baru yang lebih besar dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

illustrasi digital by Headlightmag.com

Melipir ke Indonesia?

Toyota Thailand juga akan memberikan konektivitas T-Connect untuk Toyota Yaris Hatchback serta sejumlah opsi warna baru. Untuk tampilan, kita bisa melirik spyshot Toyota Vios (Yaris Sedan) di Vietnam yang masih menggunakan basis XP150. Bagaimana dengan Indonesia? Market Toyota Yaris Hatchback di Indonesia memang tidak besar, namun juga tidak kecil. Sepanjang tahun 2022 kemarin, wholesales Toyota Yaris Hatchback mencapai 3.781 unit. Angkanya masih kalah dibandingkan Honda City Hatchback yang menembus 6 ribuan unit, tapi jauh meninggalkan Suzuki Baleno dan Mazda2. Jadi, tentunya Toyota Astra Motor tak akan tutup mata dengan Toyota Yaris Hatchback.

Bisa jadi, Toyota Yaris Hatchback akan dapat penyegaran serupa di Indonesia, namun belum tentu semua fitur baru yang ada di versi Thailand juga akan diberikan. Kita tunggu saja ya. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: