Toyota Yaris ATIV Diperkenalkan di Thailand

Toyota Yaris ATIV Diperkenalkan di Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sekian kali tertangkap kamera di Thailand dan juga bocor tampangnya beberapa waktu lalu, akhirnya Toyota Thailand mengungkap ke publik tampang dari Toyota Yaris ATIV alias Toyota Yaris Sedan. Toyota Yaris ATIV sendiri akan melakukan debutnya di depan publik Thailand pada BIG Motor Sale 2017 yang akan dihelat pada 19 hingga 27 Agustus 2017.
Oke, mari kita kupas tuntas Toyota Yaris ATIV ini, sedan ini sendiri memiliki dimensi panjang 4,4 meter dengan lebar 1,7 meter dan tinggi 1,4 meter. Dari dimensi tersebut, berarti Toyota Yaris ATIV hampir setara dengan Toyota Vios, hanya sedikit lebih panjang, sedikit lebih lebar namun tingginya sama persis. Untuk jarak sumbu rodanya sendiri sama persis dengan Toyota Vios yaitu 2,5 meter. Toyota Yaris ATIV memiliki jarak body ke tanah setinggi 133mm yang mana lebih rendah 12mm dibandingkan dengan Toyota Vios.

Untuk pasar Thailand, Toyota Yaris ATIV akan menggunakan mesin yang berbeda dibandingkan dengan Toyota Vios, yaitu menggunakan mesin 3NR-FE 1.200cc Dual VVT-i yang serupa dengan milik Toyota Yaris hatchback yang dijual di sana. Mesin ini sendiri mampu memproduksi tenaga sebesar 86 PS  dan torsi sebesar 108 Nm. Bergeser ke sisi tampilan, eksterior dari Toyota Yaris ATIV ini cukup berubah walau tak signifikan. Toyota Yaris ATIV  mendapatkan lampu depan dengan model proyektor dan juga LED DRL yang posisi penempatannya agaknya kurang lazim di pandangan kami.

Sedangkan untuk wajah depannya, Toyota Yaris ATIV juga memiliki foglamp dengan housing yang dibalut plastik hitam yang memanjang secara vertikal, jadi ingat mobil apa? Ya, Sienta. Untuk bumper depannya juga mendapatkan aksen warna merah dan sebagaian besar bumper diwarnai warna hitam. Grille dari Toyota Yaris ATIV ini cukup sederhana dengan detail krom yang menghubungkan lampu dengan lambang Toyota di tengah. Sisi sampingnya, Toyota Yaris ATIV  sudah mendapatkan spion berwarna hitam dengan lampu sein dan juga sticker atau detail berwarna merah. Spion mobil ini sendiri sudah dilengkapi electric mirror dan juga electric foldable mirror. 

Velg dari Toyota Yaris ATIV ini sendiri seperti menjadi antiklimaks dari mobil ini yang hanya 15 inci dan juga hanya sewarna saja, tidak dua warna. Handle pintu dari mobil ini juga sudah dilabur krom. Di sisi atas, antena dari Toyota Yaris ATIV juga sudah mengadopsi model shark fin antenna. Berpindah ke sisi belakang, lampu belakang dari Toyota Yaris ATIV ini sudah dibekali teknologi LED dengan LED Light Guiding. Toyota Yaris ATIV juga mendapatkan reflektor yang cukup besar di sisi belakang.

Masuk ke dalam, nuansa dari kabinnya masih sangat menyiratkan model Toyota Yaris yang kita kenal, namun ada beberapa detail yang diubah, utamanya di sisi dashboard. Sisi doortrim dari Toyota Yaris ATIV  sudah dibekali dengan pelapis berbahan kulit, pun begitu dengan shift knob, dan juga setirnya. Panel instrumen dari Toyota Yaris ATIV sudah Optitron dengan MID berukuran 4,2 inci dan juga panel tengahnya yang berukuran 7 inci dengan layar sentuh. Pada sisi setir sendiri sudah ada audio steering swith control dengan kontrol MID di sisi lainnya. Ornamen silver juga menghiasi sisi setirnya.

Konsol tengah juga dihiasi dengan detail berlabur warna silver yang membingkainya secara memanjang dari sisi teratas hingga ke bawah. Detail berwarna silver juga hadir di dashboard depan penumpang depan. Desain dashboard dari Toyota Yaris ATIV ini secara besar juga berubah dan semakin terlihat lapang walau masih terasa tinggi. Motif kursi dari Toyota Yaris ATIV ini juga sudah tak asing, karena mirip dengan milik Toyota Yaris di dalam negeri. Untuk speaker, Toyota Yaris ATIV ini dibekali 6 buah speaker yang akan memanjakan telinga pemiliknya.

Untuk Urusan sistem keamanan, Toyota Yaris ATIV bisa dikatakan cukup lengkap, yang meliputi sensor parkir di belakang, kamera mundur, ABS, EBD, BA, VSC, TRC, dan HAC. Dan yang paling menarik adalah untuk jumlah airbag-nya yang ada 7 buah yang bahkan mengalahkan mobil – mobil yang lebih mahal yang dijual di Indonesia, yang cuma memberikan 2 buah airbag saja, pelit. Toyota Yaris ATIV sendiri akan dijual dengan lima trim, yaitu trim S, G, E, J, dan juga J ECO. Harga dari Toyota Yaris ATIV sendiri dimulai dari angka 489 ribu Bath Thailand atau setara 188,4 juta Rupiah.

Toyota Yaris ATIV sendiri diproduksi di pabrik perakitan mereka di Chachoengsao, Thailand, dan juga akan di ekspor ke 70 negara lainnya. Toyota Yaris ATIV  sendiri ditargetkan laku 4.700 unit per bulannya atau 56.400 unit per tahunnya. Dengan diluncurkannya Toyota Yaris ATIV, maka kita bisa sedikit menebak – nebak bahwa jika nantinya TAM akan meluncurkan Toyota Yaris facelift, maka akan memiliki tampang dan interior seperti Toyota Yaris ATIV ini. Bagaimana menurut kalian? Mari berikan komentar kalian di kolom di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: