Toyota : Walau Kecil, Segmen Sedan Tetap Penting di Indonesia

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
Toyota : Walau Kecil, Segmen Sedan Tetap Penting di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM Toyota di Indonesia baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari sedan entry level mereka yaitu All New Toyota Vios. Fakta ini cukup menarik karena kita semua tahu bahwa segmen pasar sedan di Indonesia tidaklah sebesar dahulu. Lantas, apa alasan Toyota tetap bersikukuh menjual model sedan mereka tersebut? Marketing Director PT TAM, Anton Jimmy Suwandy pun buka suara terhadap hal tersebut.

Pangsanya Kecil, Tapi Naik Sejak Tahun Lalu

“Kalau kita lihat 10 tahun lalu, pangsa pasar sedan di Indonesia masih ada di angka 4 atau 5% dari total penjualan Toyota secara Nasional. Namun angkanya terus menurun hingga tahun 2017 yang ada di angka 0,7% dan kembali turun ke 0,6% di tahun 2018. Tetapi, ternyata pasar sedan kini naik kembali ke angka 1% di tahun 2021 silam” ujar Anton. Kalau kita perhatikan, kurun waktu penurunan pangsa sedan yang disebutkan merupakan waktu yang sama dengan meningkatnya segmen SUV dan crossover. Bisa jadi, konsumen sedan kala itu beralih ke model crossover, hathback ataupun SUV. Uniknya, saat ini, pangsa pasar sedan kembali bergairah berkat adanya perubahan skema pajak.

Pak Anton menyatakan bahwa kini sedan bisa bersaing secara fair dengan model lain tanpa dianak-tirikan lagi. “Kami tetap perlu mengisi segmen sedan karena tetap ada sedan lover yang memang sangat menyukai sedan. Termasuk juga adanya segmen fleet, baik pemerintah maupun fleet dari Banking yang memang masih memiliki demand untuk sedan” ujar Anton. Walaupun begitu, Toyota tetap realistis dengan target yang dicanangkan untuk All New Toyota Vios.”Kalau bicara target, maka akan tergantung market. Apakah segmen sedan bisa naik lagi di atas 1% atau menuju 2%, walaupun nampaknya tidak akan kembali ke posisi 4 atau 5% seperti 10 tahun lalu” jelas Anton.

Ingin Pertahankan Titel Market Leader

Untuk All New Toyota Vios sendiri, pihak TAM hanya mematok target untuk terus mempertahankan posisi 1 di segmennya. “Kita harapankan Toyota Vios bisa mempertahankan posisi nomor 1 yang mungkin sudah beberapa tahun belakangan ini kita rasakan. Tapi, tahun ini memang agak menurun karena kita di posisi run out, jadi produksinya dibuat melandai. Tapi kita berharap dengan adanya model baru ini, kita bisa kembali di posisi nomor 1 di segmen sedan kompak”, tutup Anton. All New Toyota Vios sudah bisa dipesan per hari ini, dan delivery juga akan segera dilakukan di bulan ini pula. All New Toyota Vios dipasarkan mulai harga 314,9 jutaan Rupiah hingga 368,4 jutaan Rupiah di Indonesia.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: