Toyota TJ Cruiser Diproduksi di 2021, Gabungkan Kelebihan SUV dan MPV

Toyota TJ Cruiser Diproduksi di 2021, Gabungkan Kelebihan SUV dan MPV
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ada yang ingat dengan nama Toyota TJ Cruiser? Nampaknya tidak banyak. Mengapa? Karena sejauh ini Toyota TJ Cruiser hanyalah sebuah model konsep yang mejeng di Tokyo Auto Show 2017 silam, sedangkan namanya cukup mudah dipelesetkan menjadi saudaranya yang lebih tenar, yaitu Toyota FJ Cruiser yang sudah discontinue. Lantas, bagaimana dengan nasib Toyota TJ Cruiser? Akankah model konsep ini dibawa ke jalur produksi? Jawabannya adalah, Iya.

Sebuah kabar yang kami kutip dari KeyAuto, menunjukkan bahwa ada sebuah kode proyek baru yaitu 704B. Nah, kode ini merujuk pada versi produksi dari Toyota TJ Cruiser. Menariknya, Toyota TJ Cruiser akan diproduksi pada tahun 2021 mendatang, alias 2 tahun dari sekarang. Jika kalian ingat lagi, bentuk dari Toyota TJ Cruiser memang cukup unik dan wagu. Bentuknya bak sebuah SUV yang mengotak dengan ruang kabin yang cukup memadai layaknya sebuah MPV. Dan memang disanalah tujuan dibuatnya Toyota TJ Cruiser.

Toyota TJ Cruiser menggabungkan kelebihan dari SUV dalam hal kapabilitas jelajah, dan juga MPV dalam hal kelegaan ruangnya. Toyota TJ Cruiser sendiri akan diposisikan diatas dari Toyota C-HR dan di bawah dari Toyota RAV4 dengan menggunakan basis TNGA-C. Basis TNGA-C adalah basis yang sama dengan yang digunakan oleh Toyota C-HR dan Lexus UX. Kabarnya, Toyota TJ Cruiser nantinya akan masuk ke pasar dari Toyota Sienta, bahkan menggeser MPV berpintu geser itu. Namun kami agak sangsi dengan hal tersebut, karena jika dibangun diatas TNGA, maka jelas harga Toyota TJ Cruiser tidak akan sepadan dengan harga Toyota Sienta.

Untuk urusan mesin, kabarnya Toyota TJ Cruiser akan ditawarkan dalam 2 opsi mesin, yaitu mesin bensin dan hybrid. Untuk varian hybrid, Toyota TJ Cruiser akan menggunakan mesin M20A-FKS Dynamic Force 2.000cc dengan motor elektrik THS II Hybrid yang akan dipadukan juga dengan sistem Dynamic Torque Vectoring AWD system. Dengan kapasitas penumpang 7 orang, pintu geser, dan juga bentuk SUV yang gagah, nampaknya Toyota TJ Cruiser bisa menjadi salah satu alternatif baru di masa depan.

Oiya, masih ingat nggak apa yang menjadi sumber ide pihak Toyota untuk menghadirkan Toyota TJ Cruiser? Jika lupa, inspirasi dari Toyota TJ Cruiser diambil dari Toolbox. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: