Toyota Supra GRMN Bertenaga 400 hp Siap Digarap

by  in Berita&Toyota
Toyota Supra GRMN Bertenaga 400 hp Siap Digarap
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Supra dijanjikan akan terus mendapat update tiap tahunnya, demikian kata Tetsuya Tada yang jadi kepala insinyur proyek Toyota Supra. Terlepas segala kontroversinya, syukurlah jika mobil sport ini tidak akan dibiarkan begitu saja karena nampaknya mesin B58 3.000 cc 6 silinder turbonya masih sanggup untuk tenaga yang lebih besar. Bagaimana jika nanti muncul Supra yang lebih kencang?

Laman BestCar Japan mendapat rumor baru bahwa Toyota tengah mengerjakan Supra yang lebih kencang dari sekarang. Nama mobil tersebut akan jadi Toyota Supra GRMN dengan tenaga berkisar 395 atau 400 hp-an. Waktu peluncurannya diperkirakan pada tahun 2020 ini. Selain ekstra tenaga, Supra GRMN juga dikabarkan akan diet demi mengurangi bobot dengan penggunaan bahan-bahan seperti carbon fiber.

Selain itu,beberapa titik-titik penting pada bodi dan sasis akan dibuat lebih kaku,termasuk pemasangan suspensi baru. Jujur saja, seperti Supra yang lama,harusnya soal menaikkan tenaga mesin Toyota Supra A90 bukanlah perkara yangterlampau sulit. Tuner asal Inggris, Litchfield sudah memompa ekstra tenaga bagiSupra dari yang tadinya sekitar 340 hp menjadi 420 hp bermodalkan ECU tuning.Mesinnya masih mesin asli lho.

Bukti lain adalah mobil balap Toyota Supra GT4 yang bertenaga 429 hp juga masih menggunakan mesin B58, sehingga sebenarnya mobil ini harusnya bisa meraih angka tenaga yang lebih besar lagi. Perlu diingat, mesin B58 dari BMW memang bukan seri mesin spesial untuk performa tinggi, karena untuk BMW M kode mesinnya selalu diawali dengan S, bukan B. Lebih detil, perbedaan mesin B58 dan S58 adalah jika B58 pakai 1 turbo, mesin S58 pakai 2 turbo.

ToyotaSupra GRMN juga dipastikan akan mengalami kenaikan harga, namun nampaknya iatakkan hadir dengan transmisi manual. Tetsuya Tada sudah bilang kalau ia bisamembuat Supra lebih bertenaga atau Supra bertransmisi manual, tapi ia tak bisamenghadirkan keduanya dalam satu paket karena alasan investasi manufaktur. Hmm…Jika Supra GR pakai turbo tunggal, apa Supra GRMN bakal pakai mesin twin turbo?Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: