7 Prediksi Penting Dari All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla!

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
7 Prediksi Penting Dari All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah menjadi rahasia umum jikalau mobil terbaru berikutnya dari duet Toyota dan Daihatsu di Indonesia adalah generasi terbaru dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. The All New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan hadir secara resmi dalam waktu dekat, dimana setidaknya ada 2 momen penting yang bisa dimanfaatkan oleh Toyota dan Daihatsu yaitu IIMS 2022 dan GJAW 2023. Nah, kali ini, kami ingin membedah 7 informasi dan prediksi penting yang telah kami dapat mengenai mobil ini. Check it out.

1. Rilis Bulan Depan?

Waku perilisan memang selalu menjadi poin yang menarik untuk dibahas. Sebenarnya, tidak ada informasi yang fix mengenai kapan All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan dirilis. Sejumlah sumber kami pun menyebutkan informasi yang berbeda, namun kami bisa menarik benang merahnya. Sumber kami dari Daihatsu menyatakan bahwa mobil ini akan diperkenalkan sebelum IIMS 2023, sedangkan sumber dari Toyota menyatakan bahwa kemungkinan peluncuran akan dilaksanakan di bulan Maret 2023. Sedangkan informasi lain yang kami dapatkan menggenapi informasi yang sudah ada, dimana world premiere dari mobil ini akan digelar di bulan Februari 2023.

Eits, tapi bukan All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla, melainkan Perodua Axia. Yap, Perodua akan mendapatkan kehormatan untuk memperkenalkan mobil ini pertama kali a.k.a world premiere di bulan Februari mendatang. Sedangkan duet All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan menyusul di bulan Maret 2023. Entah di GJAW 2023 atau malah mengambil momen tersendiri sebelum gelaran GJAW 2023. Yang jelas, ini semua masih bersifat prediksi, jadi bisa benar ataupun malah salah. Kita nikmati saja penantian ini.

2. Pasti Pakai DNGA-A

Nah, ini adalah poin penting yang kami pun selalu penasaran. Kami menduga-duga apakah nantinya All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan menggunakan DNGA-A seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, atau hanya sekedar berganti transmisi seperti Daihatsu Sirion. Informan kami pun menyebutkan bahwa All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla pasti menggunakan DNGA-A. Dan ini terbukti dengan banyaknya common parts antara All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla dengan Toyota Raize & Daihatsu Rocky. Mulai dari penggunaan dashboard yang mirip hingga opsi mesin 1.200cc WA-VE yang sedari awal memang diciptakan untuk mobil dengan platform DNGA.

3. Opsi Mesin Baru?

Masih berhubungan dengan maslaah platform di atas, All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla nantinya akan mengandalkan mesin 1.200cc WA-VE sebagai dapur pacu utama. Terutama untuk All New Toyota Agya yang disinyalir akan menggunakan 1 opsi mesin saja. Sedangkan All New Daihatsu Ayla masih akan menawarkan opsi mesin 1.000cc 1KR-VE sebagai versi lebih terjangkau. Hmmm, jadi baik All New Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla akan menggunakan opsi mesin 3 silinder saja, tanpa opsi mesin 4 silinder seperti yang dijual saat ini. Namun, sekali lagi, ini baru sekedar prediksi kami. Jangan dibawa perasaaan dulu deh.

4. Pakai Transmisi D-CVT

Masih berhubungan dengan platform DNGA, dimana kami mendapatkan informasi yang cukup kuat bahwa nantinya All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan menggunakan transmisi otomatis model CVT. Kalau di keluarga Toyota dan Daihatsu, maka transmisi CVT yang dimaksud adalah D-CVT. Dan ini cukup masuk akal karena Daihatsu Sirion saja yang tidak menggunakan platform DNGA sudah menggunakan transmisi serupa. All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan bergabung bersama jajaran produk kolaborasi lainnya yang sudah menggunakan transmisi serupa seperti Raize-Rocky, dan Avanza-Xenia-Veloz.

5. Masih LCGC? Atau Lepas Dari LCGC?

Kami menduga kuat baik All New Toyota Agya maupun All New Daihatsu Ayla masih akan ada di segmen LCGC. Bagaimanapun juga, segmen KB2H a.k.a LCGC masih cukup diminati oleh mayoritas first buyer. Dan Toyota maupun Daihatsu tentunya tidak ingin melihat Honda melenggang sendirian dengan Honda Brio Satya-nya. Namun, di saat yang bersamaan, All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla juga akan hadir dengan opsi yang sedikit berbeda ketimbang versi terdahulu. Kabarnya, akan ada varian khusus yang bakal dikatrol naik dan posisinya sejajar dengan Honda Brio RS yang notabene city car non LCGC.

6. Varian GR, Dimensi Masih Mirip

Kami sayup-sayup juga mendengar informasi dari sejumlah sumber bahwa All New Toyota Agya akan sedikit naik kelas ke segmen yang sama dengan Honda Brio RS. Dan semuanya akan terjadi saat ada campur tangan dari Gazoo Racing di sana. Sebenarnya, saat ini memang sudah ada Toyota Agya dengan trim GR-Sport. Nah, ada 2 kemungkinan yang akan terjadi. Dimana trim GR-Sport akan di-push naik ke angka 240 jutaan dan bertemu dengan Honda Brio RS. Atau akan ada sosok All New Toyota Agya GR yang berbeda dengan versi LCGC. Yang jelas, info yang kami dapat menyatakan bahwa dimensi kedua mobil ini tak akan banyak berubah.

7. Prediksi Desain

Mungkin ini adalah salah satu faktor yang cukup penting menurut kami, karena konsumen di level yang dihuni oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga concern pada desain. Dari sejumlah informasi yang kami dapatkan, All New Toyota Agya akan menggunakan wajah baru yang terinspirasi dari sang kakak, yaitu Toyota Avanza dan Toyota Vios terbaru. Artinya, Toyota Agya terbaru akan menggunakan lampu depan sipit, dan grille trapezoidal khas Toyota. Infonya, tak ada foglamp di bagian depan mobil ini, walaupun lampu utamanya sudah menggunakan LED.

Jadi itulah sejumlah prediksi penting kami mengenai All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla yang telah kami himpun dari sejumlah sumber. Sekali lagi, namanya prediksi bisa meleset bisa saja tepat. Jangan baper dan kita nikmati saja setiap penantiannya. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: