Toyota Sienta Hybrid Unjuk Gigi Tahun Ini? Atau Malah Voxy?

Toyota Sienta Hybrid Unjuk Gigi Tahun Ini? Atau Malah Voxy?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara mengenai merk mobil mana yang paling serius menggarap segmen mobil hybrid di Indonesia, maka nama Toyota ada dalam urutan teratas. Hal ini dibuktikan dengan usaha nyata mereka untuk memasukkan line up mobil Hybrid mereka dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari Toyota C-HR Hybrid, Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota Camry Hybrid dan Toyota Alphar Toyota e-Four. Namun ada satu nama produk lain yang sering diisukan dengan teknologi hybrid namun belum juga muncul batang hidungnya.

Yap, sesuai judul diatas, nama produk tersebut adalah Toyota Sienta, spesifiknya adalah Toyota Sienta Hybrid tentunya. Isu mengenai Toyota Sienta Hybrid sebenarnya bukanlah gosip baru, malahan sudah cukup lama dan menjurus usang. Hanya saja, produk ini cukup dinantikan karena Toyota Sienta Hybrid berpeluang menjadi MPV Hybrid pertama di Indonesia, dan setidaknya berpeluang untuk diproduksi lokal di Indonesia sehingga banderolnya bisa ditekan. marketing Director dari Toyota Astra Motor (TAM), Bapak Anton Jimmy pun memberikan sedikit bocoran mengenai salah satu produk terbaru Toyota di tahun ini.

Dalam siaran live instagram untuk mengisi waktu ngabuburit bersama rekan media, beliau memberikan bocoran bahwa di tahun ini pihak Toyota memiliki 1 produk elektrifikasi baru yang akan diperkenalkan. Nah, Jika kita perhatikan, mobil tersebut bisa saja hybrid, PHEV, atau malah EV. Namun untuk EV kami agak ragu karena infrastruktur di Indonesia masih belum memadai. Pun begitu dengan PHEV, karena produk serupa yang dijual di Indonesia oleh Toyota hanyalah Toyota Prius Prime yang dijual secara fleet. Jadi, kandidat mobil hybrid adalah yang paling masuk akal di kondisi saat ini. Lantas, mobil apa?

Ada beberapa mobil hybrid baru dari Toyota, namun peluangnya kecil. Sebut saja Toyota Yaris Hybrid di Jepang dan Toyota Yaris Cross. Keduanya hampir tidak mungkin masuk pasar Indonesia, setidaknya untuk saat ini. Toyota Avanza, Innova, Fortuner, Hilux dan jajaran LCGC juga kecil kemungkinan mendapatkan teknologi semacam ini. Sisanya, ada 2 MPV yang berpeluang mendapatkan versi hybrid. Pertama adalah Toyota Sienta seperti yang sering digosipkan, dan ini yang sebenarnya juga kami harapkan. Namun, jika mengacu pada pemberitaan tahun lalu, Toyota baru akan memproduksi mobil hybrid di 2022 mendatang. Sedangkan kandidat kedua adalah Toyota Voxy Hybrid.

Toyota Voxy Hybrid sudah ada sejak tahun 2017 dengan mengandalkan mesin 1.800cc 2ZR-FXE, yang notabene sama dengan mesin milik Toyota C-HR Hybrid, Toyota Prius, dan Toyota Corolla Altis Hybrid. Jadi, pihak Toyota tidak perlu menambah biaya terlalu banyak untuk melatih mekanik kan? Eits, tapi itu baru sekedar prediksi kami saja. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: