Inilah Jawaban Toyota Astra Motor Terkait Kijang Hybrid….

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Inilah Jawaban Toyota Astra Motor Terkait Kijang Hybrid….
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu, insan otomotif Indonesia dikejutkan oleh statement Menteri Perindustrian Indonesia, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita. Dalam sebuah press conference yang digelar di pabrik TMMIN, Menperin secara gamblang menyebutkan bahwa produksi mobil hybrid Toyota di Indonesia akan dimulai dengan sebuah model legendaris yaitu Toyota Kijang. Lantas, apakah Menperin keceplosan waktu itu? Atau memang sengaja disiarkan? Kami pun kepo akan hal ini.

Toyota : No Komen

Nah, pertanyaan seputar Toyota Kijang Hybrid pun langsung menyeruak saat Toyota Astra Motor (TAM) menggelar press conference virtual untuk peluncuran All New Toyota Voxy di Indonesia. Lantas, apa tanggapan TAM terkait informasi ini? Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM menyatakan, “Saya tidak berkomentar Pak Menteri (Menperin) benar atau salah, tapi saya juga tidak ingin memberikan komentar mengenai Kijang baru atau Kijang Hybrid dan sebagainya”.

Yap, sesuai dengan dugaan sebagian besar dari kalian, TAM tidak akan berkomentar apa – apa terkait Toyota Kijang Hybrid. Hal ini wajar karena informasi terkait produk baru adalah informasi yang sifatnya rahasia. Namun, apakah artinya Toyota Kijang akan benar – benar menjadi mobil hybrid? Sebuah foto yang menggemparkan pecinta otomotif di dunia maya baru – baru ini nampaknya bisa menjawab.

Spyshot New Toyota Kijang Innova?

Yap, beredar foto spyshot sebuah MPV berukuran cukup bongsor di Thailand yang diduga kuat adalah versi terbaru dari Toyota Innova alias Toyota Kijang. Jika diperhatikan secara umum, memang bentuk body mobil berkamuflase ini sekilas menunjukkan aura sebuah Toyota Innova. Apalagi kalau kita melihat tarikan garis jendela di sisi bawah yang cukup tegak dan tegas, mirip dengan milik Toyota Innova yang ada sekarang. Namun, ada satu hal yang kami soroti, yaitu velg yang digunakan. Velg yang digunakan oleh mobil di spyshot ini nampak cukup besar ukurannya, dan dilabur dengan warna silver gun metal yang terlihat wah.

Namun, semua yang terlihat mata ini bisa saja merupakan kamuflase semata, termasuk penggunaan velg besar maupun body yang mirip dengan Toyota Innova. Namun juga bisa saja memang benar. Jadi, tak ada yang pasti. Yang jelas, spyshot ini diambil di Thailand, dan kami kutip dari facebook Nattaphon Matsarat. Lho, kok di Thailand? Bukannya isu mengenai Toyota Innova mencuat di Indonesia? Tenang, besar kemungkinan mobil ini akan diperkenalkan di Indonesia terlebih dahulu karena segmen pasarnya lebih besar. Toh, spyshot Toyota Innova generasi sekarang dulu juga pertama kali muncul di India, bukan di Indonesia. Satu teori yang ingin kami apungkan adalah bentuk body dari mobil di gambar tidak banyak berbeda dibandingkan Toyota Innova yang ada saat ini.

Fakta ini mengarahkan kami pada kecurigaan bahwa mobil tersebut masih menggunakan komposisi yang sama seperti existing Toyota Innova yaitu platform IMV, rangka ladder frame dan RWD. Apa alasannya? Jikalau mobil ini FWD dan monokok, harusnya ada perubahan yang cukup masif dari bentuk body-nya, seperti halnya Toyota Avanza. Tapi itu baru sekedar opini kami, jangan dianggap serius. Kita lihat saja perkembangannya sambil menebak – nebak. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: