Dibantu Toyota, BMW X5 Tenaga Hidrogen Bakal Terwujud

by  in Berita&BMW&International
Dibantu Toyota, BMW X5 Tenaga Hidrogen Bakal Terwujud
0  komentar

AutonetMagz.com – Semua orang tahu bahwa Toyota Supra adalah salah satu hasil kerja sama antara BMW dan Toyota. Oke, buat Toyota, BMW sudah memberikan teknologi sasis, mesin dan transmisi untuk dijadikan sebuah mobil sport, terus BMW dapat apa dari Toyota? Rupanya Toyota sudah membantu BMW mengembangkan mobil bertenaga alternatif, seperti teknologi baterai dan hidrogen.

Tidak heran, soalnya Toyota memang punya lebih banyak hasil riset soal tenaga alternatif dan sudah bisa disimak hasilnya di Toyota Mirai, mobil hidrogen yang sudah dijual oleh Toyota. Kembali ke BMW, BMW sebenarnya punya mobil hidrogen bernama BMW Hydrogen 7 bermesin V12 yang tenaganya 120 hp, tapi setelah itu tak ada kelanjutannya lagi. Karena sekarang ada rekan untuk kerja sama, akhirnya ada lagi kelanjutan BMW bermesin hidrogen.

BMW berencana untuk merilis mobil hidrogen dalam jumlah terbatas. Bentuknya seperti yang bisa dilihat, yakni BMW X5 yang akan dinamai BMW i Hydrogen Next. Sistem hidrogen mobil ini nantinya akan menghasilkan tenaga listrik setara 168 hp, didapat dari hasil pembakaran hidrogen dan oksigen yang hasil gas buangnya hanya berupa uap air. Dibantu dengan teknologi listrik dari BMW iX3, BMW i Hydrogen Next diperkirakan akan bertenaga total 369 hp, kira-kira setara mesin 3.000 cc inline 6 turbo.

Untuk menampung hidrogennya dengan aman, ada 2 tangki bertekanan 700 bar yang masing-masing bisa menyimpan 6 kilogram hidrogen. BMW mengklaim pengisian hidrogennya hanya memakan waktu 3 atau 4 menit, jauh lebih cepat daripada mengisi daya baterai yang paling cepat 22 menit, itu pun baru 80 persen. Meski demikian, harus diakui SPBU hidrogen masih sangat sedikit, sementara SPLU mobil listrik sudah mulai menjamur.

BMW i Hydrogen Next akan muncul tahun 2022 dalam jumlah terbatas, namun bukan berarti setelah itu tidak ada kelanjutannya. Jika kondisi mendukung, setelah tahun 2025 BMW akan memperkenalkan mobil hidrogen lagi selama permintaannya cukup. Meski ada gosip soal BMW X7 FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle), namun hal seperti itu masih jauh dari realita. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: