Toyota Sangkal Perihal Produksi Model Lexus di China

by  in Berita&International&Lexus
Toyota Sangkal Perihal Produksi Model Lexus di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya beredar kabar bahwa pihak Toyota sedang mempertimbangkan sebuah keputusan yang menarik, yaitu rencana untuk memproduksi mobil – mobil Lexus di China yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan pasar Lexus dan membuat merk premium asal Jepang ini bisa berbicara lebih untuk bersaing dengan tiga merk premium asal Jerman yaitu BMW, Mercedes-Benz dan juga Audi. Lalu, apakah info ini sepenuhnya benar? Ternyata sudah ada respon resmi dari pihak Toyota terkait hal ini, yuk kita bahas.

Seperti judul yang kalian baca di atas, pihak Toyota menyangkal bahwa ada rencana seperti itu. Juru bicara Toyota menyebutkan bahwa sejatinya pihaknya selalu mempertimbangkan kebutuhan untuk melokalkan produksi mereka sebagai bahan pertimbangan untuk perkembangan merk Lexus di China di kemudian hari. Namun, pada saat ini pihak Toyota menegaskan bahwa belum ada rencana yang spesifik mengenai produksi darimobil – mobil Lexus di China. FYI, mobil – mobil Lexus diproduksi di pabrik perakitan Lexus di pulau Kyushu, Jepang. Faktanya, pulau Kyushu bisa dikatakan cukup dekat dengan China, khususnya Shanghai. Hanya perlu dua hari via kapal laut maka kalian bisa menyeberang dari Pulau Kyushu ke Shanghai. Jadi, buat apa produksi sendiri kalau bisa impor dengan jarak yang dekat?

Yap, pertanyaan itu jelas menjadi sebuah hal yang tentunya patut dipertimbangkan, dan langsung membuat ide produksi Lexus di China jadi sedikit kurang pas. Apalagi pihak China yang sebelumnya menerapkan tarif impor untuk mobil penumpang di angka 25% sudah menurunkan tarifnya menjadi 15% saja. Dan berhubung Lexus adalah kendaraan premium, maka harga nampaknya bukan menjadi sebuah hal utama yang dipertimbangkan oleh horang kayah di China sebelum membeli. Namun isu tentang produksi Lexus di China ini memang sudah cukup meyakinkan, karena infonya sendiri disebut – sebut berasal dari orang dalam Toyota. Apalagi sang informan menyebutkan bahwa dalam 2 tahun terakhir ini pihak Toyota sebenarnya sudah melakukan riset mengenai kemungkinan produksi Lexus di China.

Tak hanya itu, mengacu pada Reuters, pihak Toyota pun juga dikabarkan sudah berdiskusi mengenai hal ini dengan dua partnernya di China, Guangzhou Automobile Group Co dan FAW Group tahun lalu. Kembali ke si informan, pihaknya juga menyebutkan bahwa rencana ini sudah berada di status “all the preparation has been more or less completed” dan hanya menunggu untuk “go from management” sebelum akhirnya di eksekusi. Jadi mana yang benar? Mau produksi di China atau tidak? Yang penting, kita tahu bahwa kualitas produk yang dirakit di China semakin membaik dari hari ke hari. Bahkan beberapa pabrikan besar seperti BMW, MINI, Renault, dan Tesla pun sudah mulai mempercayakan produksi unit mobilnya di negeri tirai bambu ini.

Nah, akankah nantinya ada Lexus produksi China? Mungkin saja, biarkan waktu yang menjawab. Mungkin kita bisa berharap akan ada harga yang lebih ‘murah’ untuk sebuah Lexus rakitan China, walaupun belum tentu terbeli juga. Yuk sampaikan pendapatmu akan hal ini.

Read Prev:
Read Next: