Toyota Raize Dirilis : Mulai 219 Jutaan, Dapat Toyota Safety Sense

0  komentar

AutonetMagz.com – Kolaborasi dari Toyota dan Daihatsu kembali menghadirkan duet produk di hari ini. Setelah sebelumnya Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Rocky, maka kini giliran dari Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan jagoan mereka, Toyota Raize. Toyota Raize sendiri adalah kembaran Daihatsu Rocky yang sama – sama dibangun dengan basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Lantas, seperti apa sosok Toyota Raize versi Indonesia? Fitur dan spesifikasi apa yang ditawarkan? Yuk kita kupas lebih dalam.

Toyota Raize : Kado 50 Tahun Toyota

Jadi, Toyota Raize nampaknya merupakan kado spesial dari TAM untuk Indonesia di ulang tahun mereka yang ke 50 pada bulan April 2021 ini. Nah, satu fakta menarik, Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang memasarkan resmi Toyota Raize, termasuk memproduksinya. “Berbagai usaha untuk menyesuaikan layanan dengan tren dan kebutuhan yang berbeda di setiap lapisan masyarakat, perlu didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang. Ke depannya, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution, Toyota akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga layanan yang variatif,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda. Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyebutkan, “Kami sangat bersyukur produk–produk SUV Toyota dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional

Eksterior Macho, Interior Modern

Oke, kita lanjut langsung ke produknya. Secara desain, sebenarnya kami sudah tak asing dengan SUV yang muncul di akhir 2019 di Jepang ini. Toyota Raize menggunakan wajah depan ala keen look Toyota versi terbaru. Lampu depannya sudah LED dengan model reflektor yang dipadukan dengan grille trapezoidal khas Toyota jaman now. Sedangkan bumpernya terlihat mengotak dengan lampu kabut dan LED DRL yang dibuat dalam satu cluster. Pindah ke samping, Toyota Raize menggunakan velg yang cukup besar untuk tipe GR Sport, yaitu 17 inci dengan velg berwarna hitam. Atap dan spionnya diwarna hitam karena Toyota Raize memiliki opsi single dan dual tone. Di sisi samping juga terdapat side skirt, talang air, dan juga sticker bertuliskan GR Sport untuk tipe tersebut. Untuk bagian belakang, Toyota Raize juga terlihat cukup complicated di area bumper belakang. Terlihat ada sensor parkir, ornamen berwarna hitam plastik, reflektor, dan juga aksen ala diffuser di sisi bawah. Sedangkan lampu belakangnya terlihat macho dan modern dengan model 3D. Oiya, ada juga rear spoiler dengan side support dan antena model sirip hiu.

Masuk ke sisi dalam, Toyota Raize terlihat memiliki interior yang berkesan modern. Apalagi kalau kita perhatikan layar panel instrumen berukuran 7 inci yang sudah full digital. Oiya, panel instrumen ini standar di seluruh tipe. Selain itu, head unit mobil ini juga menggunakan ukuran 9 inci dengan model floating yang berkesan modern. Model head unit ini hanya ada di tipe 1.000cc Turbo saja. Untuk setir, sekilas bentuknya meningatkan kami pada setir Toyota Rush. Ada ornamen silver di lingkar kemudinya, dan ada beberapa tombol di bagian ini. Sebut saja audio steering switch, cruise control, power mode, dan juga paddle shift. Oiya, untuk tipe GR Sport, saklar lampunya memiliki opsi auto. Sedangkan start stop button menjadi standar di seluruh tipe. AC sudah digital, dan joknya menggunakan bahan semi kulit. Pun begitu dengan material di door trim-nya. Oiya, ada juga interior illumination di interior mobil ini.

2 Opsi Mesin, Dapat Toyota Safety Sense

Cukup dengan desain eksterior dan interior, kita beralih ke urusan spesifikasi dan fitur. Mobil ini menggunakan 2 opsi mesin, yaitu 1.000cc 3 silinder 1KR-VET Turbo dan 1.200cc 3 silinder WA-VE. Nah, Toyota sendiri masih fokus di versi Turbo, dan meninggalkan versi n/a di semester kedua nanti. Untuk tenaga, versi turbo menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada rentang 2.400 dan 4.000 rpm. Sedangkan mesin 1.200cc n/a miliknya memiliki tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm. Kedua opsi mesin ini memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT. Untuk fitur keselamatan, seluruh tipe Toyota Raize sudah mendapatkan rem ABS, VSC, HSA, seatbelt warning (sampai belakang), sensor parkir, kamera parkir, dan juga airbags. Bedanya, untuk tipe GR Sport memiliki 6 buah airbags, sedangkan tipe lain hanya 2 buah saja. Untuk TSS, hanya tipe GR Sport TSS saja yang mendapatkan fitur ini.

Lantas, apa saja fitur di TSS milik Toyota Raize? Ada 7 fitur yang diberikan di Toyota Raize ini, naik 1 fitur kalau dibandingkan ASA di Daihatsu Rocky. Fitur yang diberikan adalah pre collision warning, adaptive cruise control, front departure alert, lane departure assist, pedal misoperation control, rear crossing traffic alert, dan blins spot monitoring. Lantas, berapa harga yang harus ditebus konsumen untuk mendapatkan Toyota Raize? Dengan skema relaksasi PPnBM hingga 100%, maka harga Toyota Raize dimulai dari 219,9 juta untuk tipe 1.000cc G Manual. Sedangkan versi CVT dibanderol 233,1 juta Rupiah. Tipe GR Sport CVT dilepas dengan banderol 244,7 jutaan Rupiah. Sedangkan tipe tertinggi yaitu GR Sport TSS CVT dibanderol 253,7 jutaan Rupiah. Kalau tak ada relaksasi PPnBM, harga Toyota Raize harusnya antara 236,8 jutaan Rupiah hingga 283,8 jutaan Rupiah. Mahal? murah? tergantung rekening kalian. Yang jelas, Toyota Raize adalah Toyoa termurah yang sudah dilengkapi fitur TSS. No debat.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? yay or nay?
Untuk lebih jelasnya bagaimana plus minus Toyota Raize, videonya bisa ditonton di bagian atas artikel ini

Read Prev:
Read Next: