Toyota Perkenalkan Mark X GRMN, Sedan Mewah dengan Racikan Mobil Balap

Toyota Perkenalkan Mark X GRMN, Sedan Mewah dengan Racikan Mobil Balap
0  komentar
Cover-Toyota-Mark-X-GRMN

AutonetMagz.com – Jika ada pertanyaan, apa mobil baru Toyota yang memiliki performa yang paling oke saat ini? Bila jawaban anda adalah Toyota 86, sepertinya jawaban anda harus segera direvisi. Bersiaplah untuk menyimak kehebatan Toyota Mark X GRMN Edition yang merupakan hasil karya dari GRMN (Gazoo Racing Masters of Nurburgring), divisi balap khusus dari Toyota yang mengubah Mark X 350S menjadi sebuah sedan kencang.

Toyota-Mark-X-GRMN-Depan

Apa yang dilakukan GRMN terhadap sedan mewah yang sempat akan jadi mobil pejabat di Indonesia ini? Well, di eksterior, GRMN memberikan bumper depan dan belakang berdesain baru, atap dengan bahan CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic), spoiler duck tail di bagasi dan cover spion berwarna hitam. Velg Mark X GRMN juga telah diganti dengan diameter yang lebih besar, yaitu 19 inci.

Ubahan pada interior Mark X GRMN tidaklah banyak, tapi cukup berhasil menghilangkan nuansa mewah ala Mark X standar. Model ini dilengkapi dengan jok semi bucket yang keren, setir sport berbalut Alcantara dan trimming carbon fiber. Kita juga akan menemukan aksen piano black, plafon ultra suede dan jahitan merah di sekujur kabin.

Interior-Toyota-Mark-X-GRMN

GRMN membuang infotainment system dari Mark X standar. Alasannya, apa lagi kalau bukan untuk mengurangi bobot, mengingat sistem audio tidak diperlukan di sebuah mobil performance-oriented . Yah, setidaknya kita masih mendapatkan AC untuk menyejukkan kabin.

Mesin 3.500 cc V6 bawaan Mark X yang mempunyai tenaga 321 HP dan torsi 380 Nm tidak mendapat ubahan berarti, sebab GRMN menilai mesin ini sudah lebih dari cukup. Divisi balap GRMN lebih memaksimalkan mobil ini di aspek penyaluran tenaga dan pengendalian yang lebih mantap.

Mesin-Toyota-Mark-X

GRMN menyematkan Limited Slip Differential (LSD) Torsen dengan spek balap, sehingga pengaturan putaran antara roda belakang kanan dan kiri memiliki karakter khas mobil balap. Selain itu, masih ada suspensi sport, rem performa tinggi dan sasis yang telah dibuat lebih rigid untuk menghasilkan mobil yang fun to drive.

Toyota akan membuat Mark X GRMN sebanyak 100 unit saja, dan mobil yang akan dipamerkan di Tokyo Auto Salon 2015 ini dibuat spesial untuk pasar Jepang. Karena ini adalah mobil untuk enthusiast driver, ia hanya hadir dengan transmisi manual 6 percepatan saja, jadi jangan harap akan hadirnya versi girboks matik, CVT ataupun dual clutch.

Toyota-Mark-X-GRMN-Belakang

Harga Toyota Mark X GRMN di Jepang mencapai 5,4 juta yen, atau sekitar 561 juta rupiah jika dikurskan dengan nilai tukar saat ini. Kami yakin, para enthusiast driver akan lebih memilih mobil ini dibanding Toyota 86, hanya saja mobil ini akan jadi sangat membosankan bila anda kesepian dan butuh hiburan dari sistem audio, karena memang ia tak dilengkapi audio.

Penasaran dengan aksinya? Mari simak video di bawah ini. Aksi drift-nya nggak kalah keren dari Toyota 86 lho!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M.P

    Kalo di Indonesia sih harganya mahal banget, tapi kayaknya gak nyampe 1M deh. Paling 800an

    Mark X pernah dijual di Auto2000 karena batalnya rencana Mark X dijadiin taksi mewah.

    • rizki

      Betul, bakal dijadiin taksi mewah pengganti Crown Comfort, bukan mobil pejabat hehe

      “Apa yang dilakukan GRMN terhadap sedan mewah yang sempat akan jadi mobil pejabat di Indonesia ini?”

  • Rafi M.P

    Di Padang tempat dulu ortu ane kerja sana (Auto2000) pernah pamerin Mark X. Tapi sekarang entah kemana, apa disimpan di gudang kali ya

  • Adrians

    Walah..masa gak ada audionya? Terus penutup cover head unitnya kaya innova J..wkwkwk
    ngmong2 caranya ngedrift begitu gimana yak?

    • dio

      wajar donk karena ini kan buat driver enthusiast. buat mereka hiburannya itu suara mesin dan decitan ban.

      coba lihat Porsche 911 GT3 RS sama BMW M3 GTS yang pake konsep yang sama juga ga pake audio.