Toyota Paparkan Sistem 48 Volt Mild Hybrid Diesel, bakal Dipakai di Fortuner?

by  in  Berita & Hi-Tech & International
Toyota Paparkan Sistem 48 Volt Mild Hybrid Diesel, bakal Dipakai di Fortuner?
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah rumor mesin diesel mild hybrid sempat beredar pada Juni lalu, pada akhirnya Toyota telah merilis video baru yang berkaitan dengan hal itu. Video tersebut yang menjelaskan tentang bagaimana sistem mild hybrid 48 volt yang akan diterapkan pada mesin turbodiesel yang dimilikinya. Toyota Hilux dan Land Cruiser Prado akan menjadi yang pertama menggunakannya, namun kedepannya Fortuner sepertinya juga akan mengadopsinya.

Apa Saja Bedanya?

Sistem mild hybrid yang dikembangkan oleh Toyota kurang lebih sama dengan merek lain. Dalam video tersebut, Toyota ingin menunjukkan perbedaan antara sistem mild-hybrid pada umumnya dan Toyota Hybrid System II (THS II). Memiliki tiga komponen utama seperti belt-driven electric motor-generator yang menggantikan alternator konvensional, baterai 48 volt, serta konverter DC-DC. Karena konfigurasi mild-hybrid ini kompak dan lebih ringan, Toyota mengatakan sistem ini dapat dipasang ke powertrain yang sudah ada.

Generator motor listrik dengan belt-driven electric motor-generator diklaim mampu memberikan torsi lebih besar dibandingkan starter berpenggerak gear konvensional. Toyota mengklaim sistem mild-hybrid memungkinkan mesin bisa dihidupkan secara senyap dengan respons halus dan minim getaran. Motor listrik juga memberikan bantuan torsi bila diperlukan, sementara regenerasi selama pengereman akan mengembalikan energi ke baterai. Energi tersebut dapat digunakan untuk menyediakan tenaga ekstra untuk sistem tambahan (kemudi, pompa, dan kipas).

Tahan Air Hingga Kedalaman 700 mm

Sistem mild-hybrid juga dikembangkan dengan struktur yang memungkinkan water crossing. Dengan komponen yang diperkuat dan tata letak yang dirancang untuk kedap air. Hal ini termasuk penggunaan belt dengan high-strength ribs untuk meminimalkan hilangnya gesekan saat terendam. Toyota mengklaim dengan mesin ini, mobil yang mengadopsinya baik itu Prado, Hilux, atau Fortuner memiliki water wadding hingga 700 mm.

Meski tidak disebutkan secara mendalam dalam video tersebut, Toyota telah mengatakan bahwa sistem tersebut akan dipasangkan dengan mesin berkode 1GD-FTV 2,8 liter inline-four turbodiesel di Land Cruiser Prado untuk yang pertama kalinya. Namun, ini baru hadir di pasar tertentu seperti Eropa Barat serta Australia. Toyota mengklaim ada penghematan bahan bakar 10% lebih baik dengan sistem mild hybrid tersebut. Bagaiamana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: