Subaru dan Toyota Sepakat Untuk Memulai Perancangan Model Baru BRZ dan 86

by  in Mobil Baru
Subaru dan Toyota Sepakat Untuk Memulai Perancangan Model Baru BRZ dan 86
0  komentar
Toyota-86-Yellow-Limited-Aero-Package-FT

AutonetMagz.com – Rupanya proyek gabungan Toyota dan Subaru dalam membuat duet 86 dan BRZ mendapat penerimaan yang bagus di seluruh dunia. Oleh karena itu, Toyota dan Subaru sepakat untuk melanjutkan kembali proyek 86 dan BRZ menuju generasi kedua. Toyota sekarang rajin sekali ya bekerja sama? Selain dengan Subaru, Mazda dan BMW juga sedang bekerja sama dengan Toyota, untung bekerja samanya bukan pas ujian nasional.

Bos Subaru, Yasuyuki Yoshinaga sudah mengonfirmasi berita tentang kerja sama Toyobaru dalam sebuah wawancara dengan Autonews.”Kami sudah setuju dengan Toyota bahwa perancangan model baru akan dilakukan. Kami belum tahu kapan model baru ini akan diperkenalkan, pokoknya tunggu saja,” demikian katanya.

Subaru-BRZ-STI-Performance-Concept-Belakang

Memang sih, momentumnya lumayan tepat. Toyota sekarang sedang menjalankan riset 86 facelift, lalu data-data yang terkumpul pasca 86 facelift dijual ke konsumen atau pasca tim reli Toyota beraksi bisa dipakai untuk membangun kolaborasi 86 dan BRZ yang lebih baik lagi. Belum lagi, duo 86 dan BRZ sudah memberikan kontribusi yang lumayan, baik dari penjualan dan citra merek.

Memang ada beberapa kekurangan, salah satunya mesin 2.000 cc boxernya dianggap agak kurang tenaganya, dan di beberapa negara harganya agak tinggi. Jika disaingkan dengan Mazda MX-5 misalnya, banyak yang bilang MX-5 lebih fun meski tenaganya lebih kecil 50 hp, bahkan mampu memberikan performa yang mirip dengan 86 dan BRZ. Benarkah? Tidak tahu ya, kami belum pernah mereview 86/BRZ maupun MX-5.

toyota-sfr-front

Menurut prediksi beberapa media, pembangunan bisa memakan waktu sekitar 5 tahun, tapi itu durasi yang wajar kok. Paling sekarang yang bisa ditunggu sebagai mobil sport baru dari Toyota adalah Supra dan S-FR. Mobil yang terakhir dirancang sebagai rival MX-5 1.500 cc, sekaligus reinkarnasi Toyota Sports 800 yang legendaris. Mesinnya 1.500 cc 131 hp, transmisi manual dan penggerak roda belakang. Untuk S-FR, saiki Toyota ora njaluk dibantu karo Subaru.

Bagaimana harapanmu untuk Toyota 86 dan Subaru BRZ baru? Saya sih berharap ada BRZ STI, kalau kamu? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    bagus karena ini sportcar dari jepang yg harganya cukup terjangkaulah dan klo di modif apapun cocok sepert di modif Liberty Walk, Stance, Camber, dll dan klo mungkin sih bisa di buat RWB

  • mocca

    Yang mendesain toyota tapi mesin milik subaru
    Smoga sport car facelift toyobaru mnjadi hits!

  • Oki Ngew

    “Tenaganya agak kurang..” setuju banget, apalagi yang matic. Akselerasi 0-100 nya 86 matic malah kalah 0.5 detik dari cx5

  • qoqo

    Bakal pake bahasa desain siapa ya?

    • ojon

      Pakai bahasa jepang om, kan desian nya di jepang