Toyota NAV1 CKD Sudah Dipensiunkan, Ada Apa?

by  in Nasional&Toyota
Toyota NAV1 CKD Sudah Dipensiunkan, Ada Apa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen MPV roti tawar dengan pintu geser sempat menjadi kue yang sayang jika tidak dinikmati juga oleh Toyota. Mereka tak membiarkan Nissan Serena dan Mazda Biante bermain berdua saja dengan cara meluncurkan Toyota NAV1. Sama-sama MPV roti tawar berpintu geser, dan Toyota sangat pede bahwa mobil ini bisa jadi best seller di kelasnya. Itu kalau mengikuti mindset “Asal Toyota, pasti laku”, tapi apa kabar?

Rupanya realita tak semanis ekspektasi, karena Toyota harus susah payah menjual Toyota NAV1 di Indonesia, beda dengan Serena dan Biante yang relatif lebih “menjual banyak”, padahal NAV1 sudah CKD. Kabar berikutnya, Kompas mengabarkan bahwa Toyota NAV1 sudah tidak dirakit lokal lagi di PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi. Ada apa ini? Apa ini artinya Toyota sudah menyerah dengan NAV1?

Masih menurut sumber yang sama, Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berkata bahwa Toyota NAV1 akan alih status dari CKD menjadi CBU. Artinya, memang sudah tidak ada NAV1 rakitan lokal, tapi penjualan NAV1 berikutnya akan berjalan dengan status CBU. Untuk itu, mereka sedang menimbang Toyota Voxy sebagai pilihan untuk meneruskan kiprah NAV1.

“Tetapi, itu tergantung dari pihak TAM,” ucap Warih. Status impornya sendiri masih memilih-milih, mau CBU Thailand atau CBU Jepang. Informasi resmi dari pihak TAM sendiri dikabarkan akan mulai mencuat sekitar tahun depan. Rentang waktu yang cukup wajar, mengingat minimnya penjualan NAV1 membuat Toyota harus berhati-hati dengan langkah berikutnya.

Tentu saja itu untuk menghalau Nissan Serena supaya tidak menang dengan mudah tahun depan. Kami pernah mengabarkan bahwa Nissan Serena 2017 berkode C27 akan masuk ke Indonesia dengan desain makin matang, fitur baru (ProPILOT kemungkinan besar tidak ada), mesin lama dan hal-hal menarik lainnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: