Toyota Land Cruiser & Lexus LX : Favorit Maling di Jepang

by  in Berita&International&Lexus
Toyota Land Cruiser & Lexus LX : Favorit Maling di Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian memiliki sebuah kendaraan, maka salah satu mimpi buruk yang bisa terjadi adalah kendaraan kalian dicuri oleh maling. Pencurian kendaraan bermotor atau lebih kita kenal dengan nama curanmor memang masih menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kendaraan. Sejumlah model populer biasanya menjadi sasaran favorit maling, seperti duet LMPV di segmen roda 4 dan juga skutik mungil di segmen roda 2. Nah, kali ini kami akan mengangkat sebuah fakta unik dari Negeri Sakura, Jepang. Dimana mobil favorit yang diincar oleh maling bukanlah mobil murah ataupun kei car. Namun sebuah SUV bongsor yaitu Toyota Land Cruiser & Lexus LX Series. Cekidot.

Toyota Land Cruiser Idola Maling Jepang

Mengutip informasi dari statistika kriminal kepolisian Jepang via BestCarWeb Japan, sepanjang tahun 2020 silam ada 5.210 laporan terhadap pencurian kendaraan bermotor. Kalau mau dibuat rata – rata, maka dalam satu hari ada 14 kejadian pencurian yang terjadi di seluruh Jepang. Angka ini sebenarnya terbilang minim, apalagi kalau kita bandingkan dengan kasus di Indonesia. Jepang sendiri sudah berhasil menekan angka curanmor, dimana mereka sempat mencapai angka tertinggi di tahun 2003 silam dengan 64.223 kasus dalam sehatun. Nah, mengacu pada data Asosiasi General Insurance Jepang, Toyota Land Cruiser adalah mobil yang paling digemari oleh maling, dan angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Versi Lexusnya, yaitu Lexus LX Series juga mengalami hal yang sama. Sebagai gambara, dari 5 unit Lexus yang ada di sebuah area, ada 1 mobil yang akan diincar dan dicuri oleh maling.

Sumber mencantumkan data bahwa di tahun 2018 silam, Lexus (All Model) menduduki peringkat pertama sebagai mobil yang paling digemari pencuri dengan angka 23,8%. Sedangkan Toyota Land Cruiser berada di posisi ketiga dengan angka 12,6%. Di bualn Februari tahun 2020 kemarin, posisi justru terbalik. Toyota Land Cruiser ada di urutan pertama dengan angka 18,1%, sedangkan Lexus LX Series ada di posisi ketiga dengan angka 10,8%. Menjelang akhir 2020, yaitu di bulan November, Toyota Land Cruiser masih ada di posisi pertama dengan 15,8%, dan Lexus LX Series naik ke posisi kedua dengan 13,9%. Dari data tersebut, terlihat bahwa Toyota Land Cruiser terus menjadi idola bagi para pencuri, sedangkan Lexus LX Series perlahan mulai diincar oleh para pencuri. Sumber menyatakan bahwa 50 unit dari 1000 unit Lexus LX Series di 2020 menjadi korban curanmor.

Perlunya Sistem Keamanan Tambahan

Mengacu pada data Kepolisian Prefektur Aichi, ada sebanyak 59 unit Lexus LX Series yang dicuri di tahun 2019 silam. Namun, di tahun 2020, angkanya bertumbuh menjadi 119 unit. Jadi, 1 dari 5 unit Lexus LX yang diregistrasikan di Prefektur Aichi telah dicuri. Pertanyaan menariknya, “Apakah Toyota Land Cruiser & Lexus LX Series memang semudah itu dicuri?”. Sumber pun menelusuri bahwa kebanyakan mobil yang dicuri adalah unit yang tidak memiliki tambahan pengamanan. Sebenarnya, baik Toyota Land Cruiser & Lexus LX Series memiliki sistem keamanan yang bagus. Lexus memiliki sistem G-Link yang bisa melacak mobil via GPS selaam 24 jam berkat koneksi internet. Namun, justru disanalah kadang masalah malah muncul. Konsumen harus ingat, bahwa sistem keamanan bawaan mobil biasanya bersifat general, dan sama untuk semua unit. Oleh karenanya, sistem ini lebih memungkinkan untuk dibobol. Berbeda dengan sistem tambahan yang bersifat unik.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Ada yang punya Toyota Land Cruiser atau Lexus LX Series?

Read Prev:
Read Next: