Toyota Land Cruiser FJ40 Dapat Kado 70 Tahun Dari Gazoo Racing

Toyota Land Cruiser FJ40 Dapat Kado 70 Tahun Dari Gazoo Racing
0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota Land Cruiser FJ40 merupakan Toyota Land Cruiser pertama yang dilahirkan ke dunia. Setelah dirilis, mobil ini menjelma menjadi salah satu simbol dari mobil off-roader, mobil berjiwa petualang serta mobil yang asyik diajak kerja keras bagaikan kuda. Di Indonesia, mobil off-roader yang ikonik ini sering dicap sebagai mobil penjahat dan mobil penculik karena sering muncul di adegan penculikan di sinetron-sinetron Indonesia. Untuk menjaga kelestarian mobil ini sekaligus merayakan tujuh dasawarsa kelahiran Toyota Land Cruiser FJ40 ini, Toyota Gazoo Racing akan memasukkan mobil ini kedalam program GR Heritage Parts. Apa yang membuat Toyota Land Cruiser FJ40 yang diproduksi pada tahun 1960 hingga 1984 ini masuk dalam target terbaru dari program GR Heritage Parts ini? Cekidot.

Bermula Dari Kuesioner Di Website Toyota GR

Toyota Land Cruiser FJ40 ini dimasukkan ke dalam program GR Heritage Parts sebagai janji dan komitmen Toyota untuk mendukung mobilitas sehingga semua orang bisa pergi ke mana saja dan bisa pulang dengan aman dan nyaman. Dengan semakin dihargainya Toyota Land Cruiser FJ40 ini diseluruh dunia, membuat Toyota menganggap bahwa mobil off-roader legendaris tersebut terus berpartisipasi dalam mendukung kehidupan, mata pencaharian serta dapat memuaskan hasrat gaya hidup. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, para pemilik mengeluhkan kurangnya pasokan suku cadang sehingga dampaknya adalah tidak bisa dikemudikannya mobil tersebut.

Oleh karena itu, Toyota Gazoo Racing menyiapkan formulir kuesioner di website-nya dimana para pemilik Toyota Land Cruiser FJ40 bisa mengajukan suku cadang mana yang mereka ingin diproduksi lagi. Mayoritas dari responden menginginkan suku cadang pada bagian pengereman, pengendalian, dan sistem kemudi. Tidak berhenti disitu saja, proyek ini dimulai dengan memproduksi suku cadang yang sudah disuntik mati, yakni mesin, saluran penggerak, dan sistem pembuangan dengan target peluncuran pada 2022.

Kiprah GR Heritage Parts Lainnya

Ketika program GR Heritage Parts ini diluncurkan, mobil-mobil yang berhasil direstorasi suku cadangnya adalah Toyota 2000GT (yang terkenal karena menjadi mobil Jepang pertama dan masih satu-satunya dalam film James Bond, terutama film You Only Live Twice) disusul oleh Toyota Supra Mk.3 (A70) dan pujaan fansboy JDM, Toyota Supra Mk.4 (A80). Program ini sendiri dibuat untuk memproduksi ulang suku cadang dari mobil-mobil yang sudah diberhentikan produksinya dan menjual suku cadang yang diproduksi dengan berkolaborasi dengan para pemasok. Motto yang diusung dalam proyek GR Heritage Parts ini adalah: “Untuk mendukung pelanggan yang ingin terus mengendarai kendaraan tua yang penuh kenangan dan benar-benar mereka cintai”.

Program ini merupakan salah satu cara dan komitmen Toyota untuk menjaga kelestarian mobil-mobil lawas produksi Toyota yang masih diminati di seluruh dunia. Tidak hanya pada mobil sport, namun juga diluar kategori sport, salah satunya adalah mobil off-road seperti Toyota Land Cruiser FJ40. Semoga mobil Toyota lawas lainnya yang peminatnya masih tinggi juga menyusul. Apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: