Lexus dan Yamaha Kolaborasi Lagi, Ini Hasilnya!

Lexus dan Yamaha Kolaborasi Lagi, Ini Hasilnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekarang kita hidup di era ketika mesin-mesin berkapasitas besar dan bersilinder banyak sudah mulai langka. Mesin bensin dan diesel kini bisa menggunakan kapasitas kecil namun bertenaga besar berkat bantuan turbo, supercharger dan hybrid. Beberapa pabrikan mobil sengaja mengecilkan mesin begini juga bukan karena ingin, tapi karena harus menaati regulasi konsumsi BBM dan gas buang yang standarnya makin hari makin tinggi.

Hal ini berlaku juga di beberapa sedan Jerman performa tinggi seperti BMW 3-Series dan Mercedes-Benz C-Class. BMW sudah tidak pakai mesin V8 di 3-Series, Mercedes-Benz sudah mengonfirmasi C63 AMG nanti pakai mesin 4 silinder hybrid, jadi pakai mesin besar di saat-saat begini akan sangat mencolok. Makanya saat Lexus sengaja pasang mesin 5.000 cc V8 di sedan Lexus IS baru, kami langsung bingung, serius nih Lexus?

Kolaborasi Lexus dan Yamaha

Mesin yang dipasang di mobil ini adalah mesin V8 Lexus yang merupakan hasil kerjasama Lexus (Toyota) dan Yamaha. Mesin ini sebelumnya bisa ditemui di Lexus GS F, RC F dan LC 500. Saat dipasang di Lexus IS terbaru ini, mesin V8 tersebut menghasilkan 472 hp dan 535 Nm. Memang belum segalak BMW M3 Competition bermesin 6 silinder twin turbo, namun karena Lexus ini tidak pakai turbo, suara mesinnya pasti gahar.

Transmisi otomatis 8 percepatan dan penggerak roda belakang memastikan akselerasi 0-100 cukup 4,5 detik saja, namun kepala insinyur Lexus IS, Naoki Kobayashi bilang mobil ini mengejar keseimbangan, kehalusan dan rasa percaya diri. Selain mesin, Yamaha juga membantu Lexus untuk menyetel damper mobil ini untuk meningkatkan level kelincahan, kenyamanan di kecepatan rendah dan kestabilan di kecepatan tinggi.

Bukan Versi Kencang Sepenuhnya

Nama resmi mobil Lexus ini adalah Lexus IS 500 F Sport Performance, dan Lexus menyakinkan kalau ini bukan sepenuhnya versi F seperti Lexus IS F terdahulu. Singkatnya, ini versi setengah matang, tapi usaha Lexus membuat IS 500 F Sport ini tidak bisa dibilang setengah-setengah. Bahkan Lexus memberikan Dynamic Handling Package yang terdiri dari rem yang lebih baik, suspensi adaptif dan setir adaptif secara cuma-cuma demi respon yang lebih linear.

Lexus juga membuat pendinginan rem di IS 500 jadi lebih baik untuk menetralisir ekstra tenaga dan berat mobil ini, karena IS 500 ini lebih berat sekitar 70 kg dibanding IS 350 bermesin V6. Pelek baru Lexus IS ini berdiameter 19 inci dan dibuat khusus oleh Enkei, dan di bagian belakang Lexus memberikan ciri khas mereka di mobil-mobil kencangnya, yakni 4 buah knalpot yang disusun agak miring. Desain knalpot begini hadir di Lexus GS F, RC F dan IS F lama.

Interior Lexus IS 500 F Sport Performance ini juga diberi sentuhan ala “F” dengan animasi startup baru dan mode “Sport S” serta “Sport S+” yang bisa menyesuaikan karakter mesin, transmisi, setir dan suspensi. Karena mobil ini masuk kelas sedan premium, Lexus juga menyematkan Lexus Safety System+ yang terdiri dari beberapa fitur keselamatan aktif dan pasif. Apa opinimu soal hasil kolaborasi Lexus dan Yamaha ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: