Toyota Innova Hycross : Inikah Innova FWD Hybrid Crossover?

Toyota Innova Hycross : Inikah Innova FWD Hybrid Crossover?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejaka beberapa waktu terakhir, isu mengenai Toyota Innova Hybrid memang telah menjadi isu yang hangat diantara para pecinta Toyota. Yap, pasca munculnya unit tes berkamuflase, lalu pernyataan dari Menperin Agus Gumiwang, dan juga beredarnya kasak – kusuk yang sempat kami bahas. Dan yang terbaru, nama ‘Innova’ pun kembali menyeruak pasca munculnya paten nama baru di India. Dan paten nama tersebut adalah Toyota Innova Hycross. Hybrid Crossover kah? Yuk kita bahas.

Hycross = Hybrid + Crossover?

Jadi, baru – baru ini muncul informasi mengenai paten nama ‘Innova Hycross’ yang diajukan oleh Toyota untuk pasar India. Ok, memang informasi ini muncul dari India, namun besar kemungkinan produk yang sama juga akan dipasarkan di Indonesia. Kalau kalian pernah membaca bahasan kami mengenai Toyota Kijang Hybrid, maka kalian tentu ingat dengan bocoran mengenai model baru Innova dengan tambahan nama belakang. Yap, ‘Hycross’ di belakang nama Innova menjadi sebuah pembuktian akan prediksi tersebut. Nama Hycross sendiri nampak cukup mudah ditebak akronimnya, dimana ‘Hy’ disini merujuk pada teknologi Hybrid, sedangkan Cross disini bisa jadi merujuk pada makna ‘Crossover’. Kalau diartikan sederhana, produk ini adalah Innova baru dengan teknologi Hybrid dan tampilan Crossover.

Oke, itu hanya sekedar ke-sotoy-an kami menggunakan ilmu cocoklogi. Namun, kalau kalian perhatikan beberapa spyshot dari produk yang diduga adalah mobil ini, maka kalian bisa perhatikan kalau mobil ini memiliki kaki – kaki yang cukup besar dan jarak tanah yang tinggi. Artinya, bisa jadi Toyota Innova Hycross akan memiliki tampilan yang lebih cenderung ke arah SUV ketimbang MPV murni. Kasarnya, bisa jadi nantinya mobil ini akan memiliki ornamen dan cladding ala SUV, seperti halnya Toyota Innova Venturer ataupun Toyota Veloz. Jadi, dari sini bisa kita simpulkan sementara bahwa nama Toyota Innova Hycross adalah nama yang akan digunakan oleh Toyota Innova Hybrid, setidaknya untuk di pasar India. Karena biasanya penamaan produk di India dan Indonesia cukup berbeda satu sama lain, walaupun produknya sama.

Inikah Toyota Innova Hybrid?

Sebagai contoh, Toyota Innova yang dijual di Indonesia menggunakan nama Toyota Innova Crysta di India. Pun begitu dengan trim Venturer yang tidak kita temui di versi India. Artinya, bisa jadi nama Toyota Innova Hycross hanya akan berlaku di India saja, sedangkan di Indonesia akan ada nama lain walaupun produknya serupa. Tapi, bisa juga namanya memang benar – benar sama plek. Kembali ke strategi dan kebijakan Toyota di Indonesia. Yang jelas, tahun ini Toyota Astra Motor (TAM) akan memproduksi Toyota Hybrid pertama di tanah air, dan bisa dipastikan produk ini adalah produk yang dibutuhkan oleh pasar Indonesia. Artinya, mobil tersebut bukanlah lokalisasi dari model hybrid yang sudah dipasarkan di Indonesia sekarang, seperti Corolla Cross, Altis ataupun Camry. Yap, mobil ini nampaknya adalah volume maker Hybrid yang disiapkan oleh TAM dan TMMIN.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: