Toyota Innova Berpotensi Pakai Mesin Hybrid, Di Generasi Selanjutnya

Toyota Innova Berpotensi Pakai Mesin Hybrid, Di Generasi Selanjutnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Innova, atau lebih kita kenal dengan Toyota Kijang Innova adalah produk yang sangat dekat dengan publik tanah air. Nah, Generasi kedua dari Toyota Innova yang berkode AN140 sendiri sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2015 silam, alias sudah 4 tahun. Hingga detik ini, belum ada penyegaran yang berarti pada sosok ini, namun ada sebuah informasi menarik mengenai Medium MPV andalan Toyota ini di generasi berikutnya nanti.

Informasi tersebut terkait dengan mesin yang akan menjadi jantung dari Toyota Innova di generasi berikutnya. Mengutip dari laman Livemint, pihak Toyota nampaknya berminat untuk menggantikan unit bermesin diesel di Toyota Innova dengan varian mesin hybrid. Nah, karena sumber informasi ini berasal dari India, maka bisa saja perlakuan yang sama tidak akan diberlakukan di Indonesia. FYI, mesin diesel adalah salah satu komoditas yang cukup menggiurkan di India, karena peminatnya cukup tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, standar emisi yang kian ketat memaksa pabrikan untuk terus memutar otak.

Alih – alih membuat sebuah mesin diesel baru yang bisa fit in dengan regulasi yang makin ketat, nampaknya Toyota lebih memilih untuk menanamkan mesin hybrid di Toyota Innova generasi berikutnya. Dengan mesin hybrid, maka Toyota akan lebih mudah memenuhi standar emisi yang berlaku. Selain itu, Toyota Innova dengan mesin hybrid juga diklaim bakal memberikan konsumsi BBM yang lebih baik. Langkah serupa sebenarnya juga dilakukan oleh beberapa pabrikan besar di India, seperti Tata Motor, Mahindra, dan Maruti Suzuki yang berencana menghentikan penjualan varian mesin diesel dari model produk mereka.

Lantas, bagaimana dengan pasar Indonesia? Akankah Toyota Innova bermesin Diesel juga teranulir? Jika melihat standar emisi mesin diesel di Indonesia yang masih Euro2, dan baru akan bergerak ke Euro4 di tahun 2021, maka nampaknya varian Diesel masih akan dipertahankan di pasar Indonesia meskipun generasi terbaru dari Toyota Innova keluar. Hanya saja, dengan disahkannya Perpres Mobil Listrik, maka peluang untuk membuat Toyota Innova dengan mesin Hybrid juga menjadi terbuka. Tentunya akan ada beberapa hal spesial yang bakal membedakan Toyota Innova jikalau nantinya bermesin hybrid.

Jadi, kita tunggu saja bagaimana nantinya pihak Toyota, baik di India maupun di Indonesia bakal mengambil keputusan terkait Toyota Innova di wilayah mereka. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: