All New Toyota Camry Dirilis di Thailand, Tembus 800 Juta Rupiah!

0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya teaser sosok All New Toyota Camry disebar di Thailand, kini resmi sudah medium sedan rival Honda Accord dan Mazda 6 ini dirilis di Negeri Gajah Putih. Di generasi terbaru ini, pihak Toyota Thailand menyediakan All New Toyota Camry dalam empat varian, yaitu varian G yang menggunakan mesin 2.000cc dan 2.500cc, serta varian HV dan HV Premium yang menggunakan mesin 2.500cc. Nah, bagaimana detailnya? Mari kita bahas lebih dalam.

Jadi, kami tak akan banyak mengomentari perihal desain dari All New Toyota Camry, karena desainnya sendiri sudah kita ketahui sejak tahun lalu melalui unit versi Amerika, dan juga Jepang, plus Australia. Nah, lalu apakah unit yang dijual di Thailand mengusung spesifikasi yang sama? Nah, bagian ini yang akan kami kupas. Jadi, kita mulai dengan trim terendah yaitu trim G. Untuk varian terendah ini, All New Toyota Camry dibekali mesin 2.000cc 6AR-FBS empat silinder segaris VVT-iW yang mengeluarkan tenaga maksimal di angka 167 PS dan torsi 199 Nm. Tak ada transmisi manual di seluruh jajaran All New Toyota Camry, sehingga varian terendah ini pun mendapatkan versi transmisi otomatis 6 percepatan. Lalu, varian mesin kedua di trim G adalah mesin 2.500cc Dynamic Force A25A-FKB NA dengan teknologi VVT-iE.

Mesin baru ini mengeluarkan output tenaga maksimal di angka 209 PS dan torsi 250 Nm yang juga didesain untuk bisa meminum ethanol E85. Berbeda dengan varian mesin 2.00cc, All New Toyota Camry 2.5 G mendapatkan transmisi otomatis dengan jumlah percepatan yang lebih banyak, yaitu 8 percepatan. Sedangkan untuk trim HV serta HV Premium mungkin sudah bisa kalian tebak akan menggunakan mesin apa. Yap, huruf ‘H’ dari trim HV dan HV Premium merujuk pada kata Hybrid, sehingga kedua trim ini akan menggunakan mesin Hybrid A25A-FXS 2.500cc dengan keluaran tenaga maksimal 178 PS dan torsi 221 Nm yang akan dipadu padankan dengan motor listrik bertenaga 120PS dan bertorsi 202 Nm.

Kombinasi mesin dan motor listrik ini akan membuat All New Toyota Camry Hybrid memiliki tenaga maksimal di angka 211 PS. Oiya, varian Hybrid dari sedan ini sudah menggunakan Toyota Hybrid System II yang menggunakan transmisi E-CVT dan Baterai 6,5 Ah Nickel-metal yang disembunyikan di bawah kursi belakang. Penempatan baterai ini akan memberikan angka center of gravity yang oke tanpa harus mengorbankan kapasitas bagasi. Nah, untuk meisn Hybrid ini sendiri dianjurkan menggunakan bahan bakar Ethanol E20. Cukup dengan mesin, lalu bagaimana dengan fitur dan kelengkapannya? All New Toyota Camry varian tertinggi akan mendapatkan Toyota Safety Sense suite yang meliputi Pre-collision System, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam. Lalu bagaimana dengan varian lainnya?

Sebagai standar, pihak Toyota akan membekali All New Toyota Camry di segala tipe dengan beberapa kelengkapan seperti VSC, traction control, ABS, EBD, BA, blind spot monitor, Rear Cross Traffic Alert, Hill-start Assist Control, dan 7 buah airbags (front, side, curtain, driver’s knee), sedangkan untuk varian tertinggi ada 9 airbags (dua di bagian rear seat)Selain itu, varian tertinggi juga akan mendapatkan AC Triple Zone, sedangkan varian lainnya masih Dual Zone. Masih di varian tertinggi, All New Toyota Camry akan dibekali dengan touchsreen AC controller, Lumbar adjustment untuk kursi pengemudi dan penumpang, ventilated seat untuk kursi depan, HUD, dan audio lansiran JBL. Oiya, ada juga T-Connect telematics system yang akan memberikan fungsi yang cukup berguna, yaitu Vehicle Locator, Service Reminder, Onboard Hotspot, SOS, roadside assist, dan emergency services hailing. Sayangnya, sistem ini juga hanya hadir di varian HV keatas.

Lalu jikalau semua itu ada di varian tertinggi atau Hybrid, bagaimana dengan varian G? Dapat apa saja selain piranti keselamatan diatas? Tenang, pihak Toyota memberikan beberapa fitur lain sebagai standar seperti eight-way powered front seats, leather upholstery, wireless charger, keyless entry and start, rear sunshades, dan layar multi-info instrument cluster dengan ukuran 4,2 inci. Selain itu, kesemua trim sudah menggunakan lampu LED baik di sisi depan maupun belakang, sedangkan velg yang digunakan mulai dari 16 inci di varian terendah, naik ke 18 inci di varian 2.5 G, serta 17 inci di varian Hybrid. Nah, terakhir, bagaimana dengan harganya? All New Toyota Camry dijua dengan rentang harga yang lumayan jauh. Varian 2.0G sebagai entry level dilego dengan harga 1.445.000 Bath atau setara 661 jutaan Rupiah, dan varian termahal yaitu HV Premium dengan harga 1.799.000 Bath atau setara 824 jutaan Rupiah.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian tentang All New Toyota Camry versi Thailand ini?

Read Prev:
Read Next: