Toyota India Uji Jalan Glanza Hybrid, Teknologi Suzuki atau Toyota?

Toyota India Uji Jalan Glanza Hybrid, Teknologi Suzuki atau Toyota?
0  komentar

AutonetMagz.com – Maish ingat dengan sosok Toyota Glanza? Yap, mobil itu adalah kembaran dari Suzuki Baleno yang dipasarkan untuk pasar India. Secara bentuk, teknologi, hingga kelengkapan milik Toyota glanza masih sama plek dengan Suzuki Baleno. Namun, baru – baru ini muncul sebuah kabar menarique dari Negeri Bollywood. Toyota tertangkap kamera tengah menguji jalan sebuah Toyota Glanza yang ‘berbeda’. Toyota Glanza itu diduga kuat menggunakan teknologi hybrid, dan tengah diuji jalan. Mari kita bahas lebih lanjut.

Pakai Teknologi Hybrid Suzuki

Jadi, sebenarnya sosok Toyota Glanza Hybrid ini sudah tertangkap kamera sejak sebulan lalu. Namun, beberapa waktu lalu unit yang sama kembali tertangkap kamera di India. Nah, kalau bicara dari sudut pandang kembarannya, yaitu Suzuki Baleno, maka teknologi hybrid bukanlah hal baru. Suzuki Baleno juga memiliki varian hybrid yang diperkenalkan di tahun 2019 silam. Mengusung teknologi bernama Smart Hybrid Technology, sebenarnya membuat kami sekilas teringat pada SHVS milik Ertiga di masa lalu. Namun, satu hal yang patut kalian garis bawahi adalah teknologi SHVS berstatus mild hybrid, sedangkan teknologi di Baleno adalah hybrid.

Untuk saat ini, Toyota Glanza sendiri sudah ditawarkan dengan opsi teknologi mild hybrid 48V yang memberikan bantuak torsi pada putaran mesin rendah. Dengan setting tersebut, Toyota Glanza Mild Hybrid diklaim bisa mencapai angka efisiensi di 24 km/liter. Nah, kalau Toyota Glanza Hybrid sendiri diklaim bisa memiliki konsumsi BBM di angka 32 km/liter, setara motor 250cc. Namun, itu adalah teknologi Suzuki, lantas, apakah Toyota Glanza Hybrid akan menggunakan Hybrid Synergy Drive ala Toyota? Sepertinya tidak. Karena sampai saat ini Toyota Glanza masih dirakit di pabrik Suzuki. Nampaknya teknologi hybrid Suzuki juga yang akan digunakan Toyota Glanza Hybrid.

YFG : Suksesor SX-4 S-Cross

Oiya, selain masalah Suzuki Baleno dan Toyota Glanza Hybrid, ada sebuah informasi menarik lainnya. Suzuki dan Toyota kabarnya sedang menggarap sebuah proyek crossover baru dengan kode YFG. Nah, proyek YFG ini kabarnya akan menggeser posisi dari Suzuki SX-4 S-Cross yang saat ini mengisi segmen crossover. Kabarnya, proyek YFG ini akan menggunakan platform dari Toyota, lebih tepatnya adalah platform milik Toyota Raize. Eh, itu sih DNGA, jadi mungkin lebih tepat disebut platform milik Daihatsu. Kabarnya, mobil berkode YFG itu akan memiliki desian yang lebih SUV, dengan berkiblat pada desain Suzuki Grand Vitara. Kabarnya, mobil ini baru akan muncul di 2022 mendatang.

Bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Sumber : MotorBeam

Read Prev:
Read Next: