Goodbye Holden : Nol Penjualan di Januari 2021

by  in Berita&Holden&International
Goodbye Holden : Nol Penjualan di Januari 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai seorang petrolhead, maka tentu kalian mengenal merk Holden. Merk asal Australia berdarah Amerika Serikat itu cukup terkenal dengan jajaran mobil muscle-nya di masa lalu. Namun, pada kenyataanya, Holden kini berada di titik nadir eksistensinya. General Motors selaku induk Holden sudah mengetuk palu pada awal 2020 silam bahwa mereka akan mengakhiri eksistensi dari Holden per tahun 2021 ini. Dan ini sudah terbukti dengan angka 0 unit selama bulan Januari 2021 lalu.

Akhir dari Holden

Sedikit flashback, tepat 1 tahun lalu, General Motors melalui pernyataan resminya mengatakan akan menghentikan operasional mereka di Australia yang kita ketahui dipegang oleh merk Holden. Kala itu, GM menyebut operasional akan berakhir di tahun 2021, alias sekarang. Artinya, saat ini adalah waktu dimana kita menyatakan ‘Good bye’ pada merk Holden. Holden sendiri sudah eksis di Australia sejak tahun 1948 di bulan November. GM sendiri memang sudah menandai 31 Desember 2020 sebagai hari terakhir dari Holden. Dan itulah mengapa merk ini sudah absen dalam penjualan mobil di Januari 2021.

Sebagai catatan, Bulan Desember 2020 silam Holden masih menjual 28 unit mobil ke konsumen mereka, dan itu menjadi penutup 72 tahun eksistensi Holden di industri otomotif. Pihak GM sendiri ingin memastikan bahwa seluruh unit Holden sampai ke tangan konsumen. Dan salah satu caranya adalah memberikan potongan harga sebesar 17.500 Dollar Australia atau setara 186,6 jutaan Rupiah. Angka ini jelas lebih besar dibandingkan diskon produk Chevrolet di Indonesia pada penghujung masa penjualan mereka tahun lalu. Sebenarnya, nampaknya masih ada diler Holden di Australia yang memiliki unit, namun sudah tidak ada pengiriman ke diler per tahun ini.

Lelang Fantastis Holden

Oiya, ada fakta menarik terkait Holden di Australia. Bulan lalu, ada 2 unit Holden yang memecahkan rekor dalam lelang di Australia. Satu dari 2 unit Holden Commodore unit terakhir terjual dengan angka 750.000 Dollar Australia, atau setara hampir 8 milyar Rupiah. Sedangkan mobil kedua adalah satu unit dari 4 unit model spesial Holden HSV GTSR W1 Maloo yang terjual di angka 1,05 juta Juta Dollar Australia atau setara 11,2 Milyar Rupiah. Angak yang jelas mencengangkan untuk 2 mobil yang dulunya digemari di Australia. Oiya, GM juga berjanji untuk terus memberikan layanan servis, spareparts, recall, dan garansi untuk Holden setidaknya dalam 10 tahun ke depan.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : CarAdvice

Read Prev:
Read Next: