Toyota Hyryder : Versi Rebadge Ertiga Atau Karimun Wagon R?

Toyota Hyryder : Versi Rebadge Ertiga Atau Karimun Wagon R?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa Toyota dan Suzuki punya hubungan yang harmonis di negeri Bollywood, India. Keduanya memang telah mengikat janji satu sama lain untuk bekerja sama mengembangkan pasar bersama. Sejumlah produk Suzuki pun telah berhasil di-rebadge oleh Toyota, dan hasilnya lumayan bagus. Sebut saja Toyota Glanza yang merupakan kembaran dari Suzuki Baleno Hatchback, dan juga Toyota Urban Cruiser yang diambil dari Suzuki Vitara Brezza. Belum selesai sampai disana, muncul nama Toyota Corolla Quest yang kabarnya merupakan kembaran dari Suzuki Ciaz. Dan kali ini, nama Toyota Hyryder pun muncul ke permukaan. Mobil apa lagi ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Toyota Hyryder Untuk Ertiga atau Wagon R EV?

Walaupun mobil – mobil rebadge Suzuki ini tidak akan pernah diboyong oleh Toyota Astra Motor (TAM) ke Indonesia, namun selalu saja menarik melihat manuver Toyota-Suzuki di India. Nah, nama Toyota Hyryder pun menarik perhatian karena beberapa waktu terakhir ada beberapa mobil Suzuki yang nampaknya akan kembali di-rebadge oleh Toyota. Produk pertama adalah Suzuki Ertiga generasi terbaru, yang sebenarnya kabarnya sudah cukup lama kami beritakan. Dan produk kedua adalah Suzuki Wagon R, atau kita kenal juga dengan nama Suzuki Karimun Wagon R. Namun, Suzuki Wagon R yang dimaksud bukanlah versi yang kita kenal di Indonesia, apalagi versi Jepang. Suzuki Wagon R yang dimaksud adalah generasi terbaru Suzuki Wagon R di India yang kabarnya juga hadir dalam versi EV. Dua mobil ini berpeluang menggunakan nama Toyota Hyryder, namun kita akan coba gunakan cocoklogi untuk menebaknya.

Sumber : GaadiWaadi

Kalau dilafalkan, nama Toyota Hyryder memiliki pelafalan serupa dengan kata ‘Hi Rider’ atau ‘High Rider’. FYI, nama Hi-Rider / High-Rider adalah nama yang cukup familiar untuk merk Toyota, utamanya di model d-cab. Dari sana, bisa jadi nama Toyota Hyryder akan merujuk ke mobil yang bisa diandalkan untuk memuat orang / barang. Dan dari dua kandidat ini, maka versi rebadge dari Suzuki Ertiga-lah yang lebih masuk akal. Namun, ada ide kedua yang merujuk pada penggunaan suku kata ‘Hy’ pada nama Toyota Hyryder. Apakah ‘Hy’ disini merujuk pada hybrid? Bisa saja, namun perlu kalian pahami bahwa mobil yang akan di-rebadge oleh Toyota dalah Suzuki Wagon R versi EV, bukan versi Hybrid. Selain itu, faktanya memang belum ada Suzuki Wagon R Hybrid di India. Berbeda dengan Suzuki Ertiga yang punya varian mild hybrid. Jadi, 2 skor untuk Suzuki Ertiga dibandingkan Wagon R EV.

Kapan Suzuki yang Rebadge?

Terlepas dari model mana yang akan menggunakan nama Toyota Hyryder, yang jelas Toyota nampak serius menggarap pasar India. Kesuksesan Maruti Suzuki di India nampaknya ingin dimanfaatkan Toyota untuk memperbesar pangsa pasar mereka. Yang menarik adalah menunggu produk Toyota apa yang akan di-rebadge oleh Suzuki. Selama ini, kita hanya melihat kerjasama ini berkeja 1 arah dalam hal berbagi produk. Toyota menjual produk Suzuki dengan logo mereka, namun Suzuki belum. Sebenarnya, Maruti Suzuki tetap saja diuntungkan, karena mereka memproduksi mobil – mobil rebagde tersebut. Namun, kami juga berharap ada produk Suzuki yang akan diambil dari Toyota. Sejauh ini, keduanya sudah merencanakan sebuah mobil baru yang kelasnya ada diantara Suzuki Ertiga dan Toyota Innova. Hanya saja, belum jelas model yang akan dihadirkan, apakah versi yang sudah dijual global, atau sepenuhnya baru.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: