Setelah Indonesia, All New Toyota Rush Menuju Thailand

Setelah Indonesia, All New Toyota Rush Menuju Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Bulan lalu, Toyota Astra Motor (TAM) telah sukses memberikan kado akhir tahun kepada publik dan pecinta otomotif Indonesia dengan memperkenalkan All New Toyota Rush. Mobil yang generasi terdahulunya sudah berusia sedekade tersebut akhirnya mendapatkan ubahan secara mayor, dan tentunya positif. Dan varian terbaru ini tak hanya akan dijual di Indonesia saja, namun juga di negara tetangga, Thailand.

Yap, publik negeri Gajah Putih akan mendapatkan unit All New Toyota Rush dalam waktu dekat ini, karena LSUV ini juga akan diluncurkan disana. Mengutip dari lama Bangkok PostThailand dikabarkan akan menjadi destinasi berikutnya dari All New Toyota Rush. Pihak Toyota sendiri dikabarkan akan memasukkan All New Toyota Rush ke Thailand secara utuh, alias CBU dari Indonesia. Lho? Kenapa nggak produksi sendiri saja? Kan pasti jauh lebih murah. Yap, memang kalau memproduksi sendiri, pasti akan bisa menekan harga, namun perlu diketahui bahwa biaya riset dan pengembangan hingga produk siap diproduksi tentunya tak murah juga.

Pihak Toyota akan memanfaatkan regulasi yang dikeluarkan untuk operasi bisnis di kawasan ASEAN, yaitu AFTA atau ASEAN Free Trade Area. Dengan memanfaatkan regulasi dari AFTA ini, All New Toyota Rush yang masuk ke Thailand akan mendapatkan keringanan berupa bea masuk nol. Skema ini sendiri sebenarnya sudah tak asing, karena sudah diterapkan untuk produk – produk lain seperti Toyota Avanza, Toyota Sienta, dan juga Toyota Innova. All New Toyota Rush sendiri akan langsung disambut sang rival, yaitu Honda BR-V. Bahkan, pihak Toyota Thailand juga dikabarkan akan menggunakan skema yang sama dengan Honda dalam berjualan All New Toyota Rush, yaitu menawarkan varian lima dan tujuh penumpang.

Selain Honda BR-V, All New Toyota Rush juga akan menghadapi lawan yang sama seperti di Indonesia, yaitu Mitsubishi Xpander. Ya, walaupun punya segmen pasar yang berbeda, namun perawakan yang bongsor dan tinggi membuat Mitsubishi Xpander masih ‘layak’ untuk disandingkan dengan LSUV macam All New Toyota Rush. Namun memang pasokan Mitsubishi Xpander untuk Thailand mengalami kemoloran. Hal ini disebabkan tingginya permintaan LMPV ini di Indonesia, yang tentunya akan diprioritaskan oleh pihak MMKSI. All New Toyota Rush sendiri akan hadir dengan unit mesin 1.500 cc 4 silinder berkode 2NR dengan Dual VVT-i yang bertenaga 105 hp dan torsi 140 Nm yang disalurkan untuk roda belakang  via transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Walau secara mesin masih mirip dengan generasi sebelumnya, secara fitur, All New Toyota Rush memberikan gebrakan yang menarik. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang sementara ini bisa dikatakan terbaik untuk kelasnya, yaitu 6 airbags, ABS, EBD, stability control dan hill start assist. Yang menarik, mobil ini akan dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, dan harga tersebut akan diumumkan bulan Januari 2018 ini. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: