Toyota GR Supra 3000GT, Penciptanya Orang Indonesia!

Toyota GR Supra 3000GT, Penciptanya Orang Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Amerika Serikat mempersiapkan pameran SEMA Show untuk tahun 2019 ini, dan apalah yang akan dilakukan Toyota jika bukan memamerkan banyak mobil hasil modifikasi? Berhubung tahun ini bintangnya adalah Toyota Supra, maka wajar jika banyak Supra yang dipermak menjadi berbagai gaya. Nampaknya Toyota memang ingin mempertegas kalau Toyota GR Supra baru memang dibuat sebagai mobil bahan modifikasi.

Hasil modifikasi dari Toyota ada beberapa, namun kami lebih tertarik pada Toyota GR Supra 3000GT. Ada dua hal yang membuat kami tertarik, pertama adalah karena mobil ini diilhami oleh sang legenda Toyota Supra TRD3000GT yang dibuat untuk merayakan kemenangan Supra di Kejuaraan Balap GT Jepang. Kedua, menurut Caranddriver, mobil ini dipimpin pembuatannya oleh orang Indonesia bernama Heru Adi Nugroho.

Heru Adi Nugroho sendiri adalah lulusan dari Politeknik Institut Teknologi Bandung & Institut Sains dan Teknologi Nasional (ITSN) Jakarta, dan sekarang ia bekerja di Toyota North America sebagai Koordinator Manajemen Siklus Hidup Kendaraan di divisi Perencanaan Produk dan Strategi. Melihat posisinya, memang tak mustahil jika produk Toyota GR Supra 3000GT ini berada di bawah komandonya.

Apa yang diubah di Toyota Supra 3000GT ini? Pertama, sebagai penghormatan kepada versi originalnya maka dibuatkan kap mesin dan sayap yang mirip dengan Toyota Supra TRD3000GT terdahulu. Lihat, ventilasi di kap mesin serta sayap model gawang sepak bola itu mirip dengan apa yang dipasang di Supra TRD3000GT. Tambahan lain di eksterior termasuk fender flare, bumper baru dan diffuser besar. Mobil ini dilabur warna silver plus aksen kuning.

Pada bagian dalam, kini Toyota GR Supra 3000GT ini memakai jok balap dari Bride yang sudah bersertifikasi FIA dan sound system keluaran Pioneer. Pelek Supra 3000GT ini juga pakai ukuran 19 inci berwarna hitam, bersamaan dengan suspensi coilover yang adjustable dan rem Brembo baru. Sayang mesin 3.000 cc 6 silinder turbo B58-nya tidak diubah sama sekali, paling hanya knalpot HKS baru di buritannya.

Selain Toyota Supra 3000GT ini, Supra lain yang dipamerkan Toyota di SEMA adalah Toyota GR Supra Wasabi Concept warna hijau wasabi. Versi wasabi ini buatan Toyota Genuine Accessory Team, dan penampilannya ditunjang oleh knalpot ganda baru di tengah selain dari warna hijaunya yang terang. Ada pula Toyota GR Supra Heritage Edition bertenaga 500 hp, bukti kalau Toyota Supra memang harus dimodifikasi untuk tahu seberapa besar potensinya.

Kalau 500 hp dirasa kekecilan, ada Toyota GR Supra Hyperboost Edition yang tenaganya sangat sadis, yakni 750 hp. Orang-orang analis NASCAR dan tim Rutlege Wood berhasil memompa ekstra tenaga hingga 750 hp. Lumayan hebat bukan? Terakhir, ada Toyota GR Supra Performance Line yang ubahannya tak jauh beda dengan 3000GT tadi. Apa opinimu Soal Supra-Supra ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: