Toyota Fortuner TRD Sportivo Dirilis di Thailand, Bagaimana Menurutmu?

Toyota Fortuner TRD Sportivo Dirilis di Thailand, Bagaimana Menurutmu?
0  komentar
toyota fortuner trd sportivo front

AutonetMagz.com – Rasanya belum terlalu lama sejak Toyota Fortuner terbaru meluncur di Indonesia, yang seminggu kemudian diikuti oleh peluncuran rivalnya, Mitsubishi Pajero Sport. Langkah selanjutnya untuk mengayomi konsumen yang gila gengsi dan tidak sayang uang pastinya adalah varian ultimate atau edisi khusus, dan Toyota sudah ambil langkah duluan. Itu benar, perkenalkan Toyota Fortuner TRD Sportivo yang baru meluncur di Thailand.

Di luar dugaan kebiasaan Toyota soal varian TRD Sportivo, Toyota kali ini bisa lebih niat dalam mengubah varian standar jadi lebih mewah, tapi tetap saja mereka enggan mengulik mesin. Fortuner TRD Sportivo hanya ada yang bermesin 2.800 cc turbo diesel saja di sana, dengan output 177 hp dan 450 Nm. Nikmat? Pasti, tapi ingat, Fortuner bermesin besar itu tidak dijual di sini, jadi andai Toyota Indonesia memasukannya, pasti pakai mesin yang 2.400 cc namun paket upgrade serupa.

toyota fortuner trd sportivo thailand

Jika tidak dapat ubahan signifikan di mesin, lalu apa? Titik berat varian TRD Sportivo ada pada eksterior, interior dan kaki-kaki. Di eksterior, ada bumper depan-belakang baru, pelek TRD 20 inci, aksen hitam di atap, gril dan garnish belakang dark chrome dan lain sebagainya. Menurut Toyota Thailand, Fortuner TRD hanya ada warna hitam dan putih saja, dan kalau mau warna putih mutiara, harus menambah biaya lagi. Tidak variatif sekali ya, kok tidak ada warna cokelat atau apa gitu?

toyota fortuner trd sportivo

Sebagai menu spesial di interior, kini Fortuner TRD mendapat kombinasi warna hitam-merah tua di interior serta trimming ala carbon kevlar berikut detail jahitan merah. Nah, kalau ini pas buat mengangkat tema sporty. Panel instrumennya kini bukan memiliki rona biru lagi, tapi merah, lengkap dengan logo TRD Sportivo yang juga bisa ditemui di sektor lain di kabin, misalnya di tombol start, scuff plate, karpet dan lain-lain.

interior toyota fortuner trd sportivo thailand

Dengan sentuhan komponen dari JBL yang menyediakan 11 speaker untuk Fortuner TRD Sportivo, harusnya kualitas suaranya bisa membaik. Hm, belakangan ini Honda dan Toyota senang berkolaborasi dengan JBL ya? Kemarin pas peluncuran Honda CR-Z saja Honda juga meluncurkan HR-V Prestige dengan JBL audio system. Kendati mendapatkan 11 speaker, sepertinya head unit asli Toyota Fortuner tidak diapa-apakan.

Perbaikan di kaki-kaki termasuk rem yang lebih pakem dan juga suspensi TRD baru, sama seperti Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Entah suspensi baru ini condong ke handling atau comfort, karena tidak ada penjelasan spesifik. Harga Fortuner TRD Sportivo di Thailand sekitar 627,34 juta untuk yang 2WD, sementara yang 4WD harganya ada di kisaran 661 juta Rupiah. Mahal? Iya sih, tapi ini kan yang 2.800 cc.

toyota fortuner trd sportivo rear

Dengan demikian, kami sangat yakin bahwa varian TRD ini akan hadir juga di Indonesia, meski entah kapan. Meski begitu, belum tentu sama antara TRD Sportivo Indonesia dengan TRD Sportivo Thailand, karena terakhir Vios TRD Indonesia dan Vios TRD Malaysia saja ada bedanya. Menurutmu, Fortuner TRD Thailand sudah cocok untuk Indonesia atau harus ada yang ditambah lagi? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: