All New Subaru Impreza Sebentar Lagi Muncul, Usung Platform Global Baru

All New Subaru Impreza Sebentar Lagi Muncul, Usung Platform Global Baru
0  komentar
subaru impreza teaser

AutonetMagz.com – Sedan dan hatchback andalan Subaru, yakni Impreza kemarin sudah tampil dalam bentuk konsep, dan sebentar lagi publik akan diizinkan untuk melihat seperti apa wujud siap jual dari Impreza baru. Rencananya, Subaru akan merilis Impreza baru di acara 2016 New York International Auto Show, mungkin sekitar tanggal 23 Maret mendatang. Subaru pun sudah menyebarkan potongan teaser moncong Impreza baru.

Seperti yang diduga, tidak seagresif konsepnya. Okelah, masih ada beberapa garis desain yang mirip dengan versi konsep, tapi saya merasa pasti sedan ini bakal punya rasa desain yang agak datar. Belum diketahui ini Impreza sedan atau Impreza hatchback, karena yang ditampilkan hanya bagian depannya saja. Jika desainnya Impreza nanti agak datar, saya pun tidak akan berekspektasi kalau desain Subaru XV baru akan keren.

subaru impreza concept

Jika tidak bisa puas dengan desainnya, setidaknya saya bisa puas dengan engineering-nya. Subaru Impreza baru akan mengusung platform anyar yang akan menjadi basis dari semua mobil Subaru nanti. Hm, seperti VW dan Honda saja ya, satu platform untuk banyak mobil? Sasis ini menjanjikan supaya performa mobil terasa makin bagus, salah satunya berkat rigidtas torsional yang lebih mantap, hingga 70-100 persen lebih baik daripada sasis sebelumnya.

subaru global platform

Aspek kebisingan, getaran dan handling pun disebutkan sudah membaik juga, berkat struktur rangka dan persendian yang dioptimalkan potensinya. Sistem suspensi juga diubah, mengikuti titik berat sasis yang kini lebih rendah 5 mm. Stabilizer belakang yang langsung ditanam ke bodi diklaim membuat body roll berkurang 50 persen, dan struktur baru ini menjamin peredaman energi benturan yang lebih baik 40 persen saat terjadi kecelakaan.

subaru global platform new

Subaru juga mempersiapkan sasis ini supaya siap menerima segala jenis mesin, mau itu mesin bensin boxernya, mesin listrik maupun kombinasi keduanya alias hybrid. Siap untuk AWD juga pastinya, apalagi rumornya Subaru sedang mempersiapkan sebuah sport coupe dengan mesin boxer turbo di tengahnya plus teknologi hybrid. Itu kita lihat saja nanti, mengingat Subaru sedang mau memperkenalkan Impreza dulu.

Karena sasis ini bakal dipakai di semua mobil Subaru, itu artinya ada kemungkinan bahwa Forester, XV, Legacy, Outback, Exiga dan WRX anyar memakai basis ini juga, namun dimodifikasi sesuai peruntukan masing-masing. Kami penasaran dengan Impreza baru, bukan karena desainnya, melainkan karena konstruksi barunya. Bagaimana denganmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    tingkat kekakuan sasis platform baru kan memang selalu lebih tinggi. sekarang masalah utama tuh platform baru bisa diet bobot kendaraan atau tambah berat? kaku tapi tambah berat itu biasa, tapi kaku dan tambah ringan baru luar biasa.

    • Harry Gun

      “Bobot yang enteng bisa berbahaya, bisa membuat mobil tak dikuasai dengan baik oleh pemakai.”
      demikian kata Kazutoshi Mitsuno.

      • Aryo Wicaksono

        gwa sebel sama Mizuno-san, bikin 350z dan 370z jadi nggak karuan.

  • farid

    Jadi semua lineup mobil subaru bakal punya “tali persaudaraan” karena semuanya pake platform yg sama satu sama lain,kaya platform jazz dan platform brio

  • rs

    Kasihan ya kalau yang sekarang beli wrx……sudah mau all new nih…..padahal wrx sekarang diluncurkannya pada 2013-2014 an..tapi saya setuju kalau sasis impreza baru sama dengan semua model subaru….sebab ciri khas semua subaru kan sama…pakai mesin boxer dan symetrical awd…kecuali untuk kei carnya sih…..

  • Buzzera

    Itu kabarnya setelah kena denda, dan mesti bayar dr aptm subaru untuk pemerintah RI mana lagi ya?

  • ekkyfir

    bertambah nya rigiditas sasis yg berpengaruh ke handling dan sasis ini di gunakan di semua line up subaru dr sedan smp suv nya, mungkin sasis ini bisa jd sasis monokok terbaik yg pernah ada

  • Mark Buana

    ditunggu review dan test drive nya di youtube