Simak Ucapan Porsche bagi Audi Pasca Mundur dari Le Mans

0  komentar

AutonetMagz.com – Audi adalah merek yang punya banyak cabang motorsport. Tidak hanya reli di mana mereka punya sang legendaris Audi S1 Quattro, namun juga balapan DTM dan pastinya, Le Mans. Riset Audi di dalam bidang motorsport sangat intens, bahkan mereka sempat membuat fenomena dengan mengikutsertakan mesin turbo diesel V12 di ajang Le Mans. Sempat ditertawakan, tapi pada akhirnya, mereka juara juga dengan mesin turbo diesel V12 itu.

Seketika, merek-merek lain mengikuti inovasi Audi, dan bukti nyatanya adalah mobil balap Peugeot 908 HDi FAP. Di antara semua peserta Le Mans, Porsche adalah salah satu merek yang paling respect dan paling menghormati Audi. Selain karena keduanya masih satu atap di bawah naungan VW Group, keduanya punya citra motorsport yang sama-sama kuat. Kedekatan keduanya terlihat saat Porsche mengumumkan kembalinya mereka ke Le Mans 3 tahun lalu.

Nah, Audi mengetahui kabar itu, dan memutuskan untuk memberi sambutan bagi Porsche. Mereka mengutus mobil balap Audi R18 untuk pergi dari Ingolstadt ke Stuttgart, ke rumah Porsche. Sesampainya di markas Porsche, Audi R18 melakukan aksi donuts dan burnout yang pada akhirnya menghasilkan tulisan “Welcome back” di aspal. Ini untuk menyalami kembalinya Porsche di ajang Le Mans dengan Porsche 919 Hybrid.

Tiga tahun berlalu, respect antara mereka berdua tak luntur. Bahkan pasca Audi mengumumkan mundur dari Le Mans, Porsche turut prihatin (maaf ya pak mantan, pinjam istilahnya). Di video terbaru Porsche, mereka mengisahkan kekagetan mereka saat mengetahui kabar ini melalui ilustrasi seorang petani yang mengendarai traktor Porsche 111 Diesel. Setelahnya, ia pergi ke markas Porsche, di lokasi di mana Audi menulis “Welcome back”.

Membawa sikat dan cairan pembersih, petani itu mulai sedikit membersihkan kata “Welcome back” pada huruf W,E dan L, sehingga hanya tersisa tulisan “Come back”. Ya, Porsche menanti Audi kembali lagi ke Le Mans hingga kapanpun. Respect yang luar biasa, bahkan, Porsche lebih rela berbagi teknologi balap dengan Audi daripada dengan VW. FYI, Audi mundur dari Le Mans gara-gara dieselgate VW, di mana uang untuk balapan harus dialihkan untuk bayar pinalti dan denda.

Read Prev:
Read Next: