Toyota Dapat Lampu Hijau Produksi EV & PHEV di Thailand

Toyota Dapat Lampu Hijau Produksi EV & PHEV di Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejauh ini, Toyota memang menjadi merk yang paling rajin menyuplai mobil ramah lingkungan di pasar Indonesia. Hal ini terbukti dengan beberapa model mobil hybrid yang sudah ditawarkan di Indonesia seperti Toyota C-HR Hybrid, Toyota Altis Hybrid, Toyota Camry Hybrid, dan yang lainnya. Nah, mobil – mobil ramah lingkungan ini dihadirkan secara utuh dari Thailand, dimana Toyota sudah memproduksi mobil hybrid. Dan dalam waktu dekat, Toyota Thailand tidak hanya memproduksi mobil hybrid saja, tetapi juga PHEV dan EV.

Mengutip informasi via Bangkok Post, pihak Toyota Thailand dikabarkan sudah mendapatkan lampu hijau dari Board of Investment Thailand untuk memproduksi mobil listrik murni (EV) dan juga mobil Plug in Hybrid (PHEV). Ijin yang diberikan pada Toyota di Thailand tersebut sudah berlaku efektif per tanggal 7 Januari 2020 kemarin. Dengan ijin tersebut, maka jelas pihak Toyota akan mulai mempersiapkan diri untuk mulai merakit mobil EV dan PHEV di Thailand. Sumber menyebutkan bahwa butuh waktu setidaknya 3 tahun bagi Toyota hingga siap memproduksi mobil listrik dan PHEV di Negeri Gajah Putih tersebut.

Selain mendapatkan ijin untuk memproduksi mobil listrik dan PHEV di Thailand, Toyota juga mendapatkan kenikmatan lain berupa tax priviledges yang juga termasuk kebebasan pajak penghasilan korporasi. Juru bicara dari Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co menyebutkan bahwa pihaknya akan meninjau langkah demi langkah yang dibutuhkan untuk mendapatkan priviledges tersebut. Sayangnya, belum ada informasi detail terkait jadwal perakitan maupun model apa yang akan dirakit oleh pihak Toyota Thailand disana. Kabarnya, pihak Toyota akan memproduksi mobil listrik dan PHEV di pabrik perakitan mereka di kawasan Chacoengsao.

Ijin yang diberikan Pemerintah Thailand ini merupakan pintu baru bagi Toyota untuk mewujudkan strategi 1 juta mobil listrik/mobil fuel cell pada tahun 2030 mendatang. Ijin ini juga merupakan kelanjutan dari skema spesial yang ditawarkan Pemerintah Thailand kepada beberapa pabrikan otomotif seperti Toyota, Mazda, Nissan, Mitsubishi, dan beberapa pabrikan lainnya. Kabar ini juga menjadi kabar baik bagi pasar otomotif di Indonesia, karean kemungkinan kita bisa menikmati mobil listrik ataupun PHEV Toyota dengan harga yang lebih terjangkau pun akan terbuka. Lantas, bagaimana dengan Toyota Indonesia? Kita tunggu saja.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: