Toyota Beri Penyegaran Pada Toyota Crown di Tokyo Motor Show 2015

by  in International&Mobil Baru&Toyota
Toyota Beri Penyegaran Pada Toyota Crown di Tokyo Motor Show 2015
0  komentar
Toyota-Crown-Athlete-front-blue

AutonetMagz.com – Secara global, orang orang pada umumnya mengetahui bila kita menginginkan line up premium Toyota ya cari saja Lexus. Namun bagi Asia, khususnya Jepang, brand premium Toyota selain Lexus masih ada seperti Toyota Alphard, Toyota Crown, Toyota Mark X, yeah you name it… Namun mungkin line up yang sangat bersejarah dan berarti bagi Toyota adalah Toyota Crown, karena dia adalah line up mewah tertua yang dimiliki Toyota.

Dimulai sejak tahun 1955 dengan nama Toyopet Crown, hingga kini Crown masih lestari dan semakin dewasa, bahkan Toyota sampai membuat 3 tampilan untuk Crown. Seperti Toyota Crown Royal, Toyota Crown Majesta dan Toyota Crown Athlete. Kini pada momen Tokyo Motor Show 2015, Toyota berniat menampilkan minor facelift ketiga line up premium nan bersejarah itu. Perubahan yang cukup signifikan terjadi pada Toyota Crown Athlete dan Toyota Crown Royal sedangkan Majesta hanya dipercantik untuk beberapa detail.

Toyota-Crown-Athlete-back-red

Dari segi tampilan, Toyota Crown Athlete mengganti motif grillenya berupa jaring hitam dilengkapi dengan bingkai chrome yang cukup elegan. Sementara itu dari segi bumper juga diperbaharui dengan airscoop yang dibuat melebar sehingga Crown Athlete ini nampak down to earth.

Headlamp pun mengalami peningkatan dengan penyematan Bi-Beam LED headlight dan surface-emitting LED clearance lamp dengan DRL. Pada bagian taillamp, Crown Athlete juga diperbaharui dengan motif cincin yang mengingatkan saya pada Toyota Altezza lawas. Bicara segi interior, Toyota juga memberi sentuhan dengan menyematkan panel dekoratif dengan motif batu alam, untuk model turbo maka Toyota menawarkan trim Prussia Blue interior color.

Toyota-Crown-Royal-front

Sedangkan pada Crown Royal, Toyota memilih untuk membuatnya tampil kalem dengan mencoba meminimalisir airscoop di bumper dengan bingkai chrome saja sehingga sedikit imbang dengan grille massif-nya. Menilik dari bagian lain kita tidak terlalu menemukan perbedaan signifikan dengan Crown Royal lawas. Sedangkan untuk bagian interior maka kita dapat menemukan panel bermotif kisi-kisi kayu dengan warna hitam dan warna coklat.

Toyota juga melengkapi Crown dengan fitur konektivitas dan bantuan bernama ITS Connect yang cukup berbeda dibanding konektivitas lainnya. Sebab fitur ini menggunakan frekuensi ITS standar jepang dengan 760 MHz untuk menerima dan berbagi data dengan infrastruktur umum seperti bus umum atau kereta atau antar mobil lainnya.

Toyota-Crown-Athlete-interior

Mari menilik mesinnya, dimana Crown akhirnya mendapatkan pilihan mesin baru bensin 2.0-liter twin-scroll turbocharger dengan kepala silinder yang juga menggunakan exhaust manifold berpendingin air. Mesin ini meletupkan tenaga 232hp @ 5,200-5,800 RPM dan torsi 350Nm @ 1,650-4,400 RPM, tenaga ini disalurkan dengan transmisi Super ECT 8-Speed. Selain itu Stop & Start System menjadi salah satu fitur dan dapat menghasilkan figur 13.4 km per liternya berdasarkan tes siklus JC08.

Mobil ini ditawarkan dengan 12 warna eksterior yang mewakili estetika jepang dan 3 warna interior yang mewah yaitu putih, coklat dan hitam. Salah satu yang saya suka dari line up premium Toyota adalah kemewahan yang yang ditawarkan adalah kemewahan tradisional ala Jepang, dan kemewahan itu tetap tidak hilang di Toyota Crown generasi baru ini. Habis Tokyo Motor Show 2015 ini, apa nanti bakal muncul anggaran penggantian kendaraan para Menteri ya? Hehehe…

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    bagian belakangnya terlihat membosankan terutama taillamp nya,BTW desain taillamp nya mengingatkan saya terhadap toyota camry lawas atau aurion

    • menurut saya sih toyota gak bisa memaksakan kesan futuristik di crown karena imagenya, orang2 tahu crown dan century sebagai sedan tradisional yang anggun khas jepang… versi athlete saja masih nggak bisa tega buat desain revolusioner….

      karena sedan mewah futuristik itu bagiannya lexus 🙂

  • subaru

    Toyota juga memberi sentuhan dengan menyematkan panel dekoratif dengan motif batu alam

    =================================

    motif bacan??

  • uajangjambul

    maksa banget untuk tampil futuristis 🙁