Toyota 86 Gazoo Racing Pamer Teaser, Ada Ekstra Tenaga?

by  in International&Toyota
Toyota 86 Gazoo Racing Pamer Teaser, Ada Ekstra Tenaga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota 86 saat ini telah menjadi salah satu mobil sport Toyota yang menjadi line-up spesial bagi mata pecintanya sendiri. Namun, Toyota Spanyol ini menyinggung soal Toyota GT 86 yang akan digarap oleh Gazoo Racing selaku perpanjangan tangan Toyota di sektor performa. Padahal mereka baru saja memperkenalkan produk GR-nya itu supaya dunia notice soal kehadirannya.

Dilengkapi dengan tagline “It’s all a matter of passion for speed”, ternyata tidak ada detail peningkatan yang dilakukan pada spesifikasi standar mesin Toyota 86 yang sudah ada. Ya, meskipun memang tenaga 200 hp sudah tidak pantas dibilang kecil, Toyota sudah kekeuh untuk tidak memberi ruang bagi turbo atau supercharger di bawah kap mesin dari 86-nya. Jangankan Toyota, Subaru saja bersikeras BRZ tidak pakai turbo.

Jangankan turbo, hybrid saja belum pasti jadi andalan jika Toyota ingin menambah tenaga Toyota 86. Teringat akan konsep sport coupe kecil Toyota GR-HV yang konon katanya berbasis Toyota 86 tapi mengusung sistem hybrid yang dipelajari dari mobil balap Le Mans Toyota, yakni TS030 dan TS050 yang akhirnya kemarin menang di Le Mans. Gazoo Racing nampaknya bersikeras ingin jadi divisi performa tinggi dengan menciptakan mobil seperti 86 GR, Yaris GRMN dan nanti, Supra.

Namun mengingat siklus Toyota 86 dan Subaru BRZ generasi ini sudah mencapai bagian akhir, apa yang dilakukan Gazoo Racing bisa saja sekaligus sebagai salam perpisahan. Belum pasti, namun jika Toyota 86 dan Subaru BRZ baru sudah direncanakan dengan mesin 2.400 cc yang lebih besar, memangnya ada arti lain? Gazoo Racing sendiri diprediksi akan membuat sasis, suspensi, rem dan pelek 86 menjadi lebih level up daripada yang ada sekarang.

Meski ada rumor soal peningkatan tenaga dari mesin 2.000 cc flat 4 milik 86, ya itu tadi, jangan harap peningkatannya banyak dan jangan harap ada turbo di Toyota 86 Gazoo Racing. Mengingat informasi juga masih minim, sebaiknya menunggu saja sampai mobil ini meluncur di sana. Toh Gazoo Racing juga masih punya banyak PR, di antaranya termasuk memperkenalkan Toyota Yaris GRMN, si hot hatch 1.800 cc supercharger dan merancang Toyota Supra hingga selesai. Ditunggu saja ya.

Read Prev:
Read Next: