Porsche 935 Clubsport, Kala 911 GT2 RS Jadi Paus Racing yang Buas

Porsche 935 Clubsport, Kala 911 GT2 RS Jadi Paus Racing yang Buas
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama “Moby Dick” mungkin populer di kalangan pecinta buku sebagai seekor paus raksasa yang ingin galak dan membuat para pemburu paus takut kala mendengar namanya. Di dunia nyata, Moby Dick direalisasikan oleh Porsche dalam sosok mobil balap Porsche 935/78, sebuah mobil balap Le Mans yang mereka buat tahun 1978. Mobil ini dipanggil “Moby Dick” karena warnanya putih dan ekornya mirip ekor paus, mirip ilustrasi Moby Dick. Buas? Sudah pasti.

Sebagai produsen mobil sport yang tidak bisa melepaskan sejarah balap Le Mans, Porsche ternyata sungguh-sungguh menghadirkan Moby Dick kembali di abad 21 melalui Porsche 935 Clubsport baru ini. Mobil ini diluncurkan di acara Rennsport Reunion sebagai penghormatan kepada 935/78 yang asli dan merayakan ulang tahun mereka yang ke-70. Jauh di balik kulitnya, Porsche 935 Clubsport ini adalah Porsche 911 GT2 RS, ujung tombak Porsche 911.

Dari basis 911 GT2 RS, Porsche memberikan penampilan baru dengan hidung yang lebih pipih dan lampu depan dipindah ke air vent di bumper. Kebanyakan suku cadang Porsche 935 Clubsport ini diambil dari mobil balap sungguhan. Sebut saja spion dari 911 RSR, knalpot dari Porsche 908, lampu LED dari Porsche 919 Hybrid LMP1. Pelek merah meronanya didesain khusus supaya mirip dengan Porsche 935/78 “Moby Dick” yang asli. Keren banget sumpah…

Interior Porsche 935 Clubsport ini benar-benar balap banget, kebanyakan diambil dari mobil balap Porsche 911 GT3 R. Jok Recaro aslinya pun sudah disiagakan oleh roll cage dan sabuk pengaman 6 titik yang biasa dijumpai di mobil balap. Konsol tengah dan tuas persneling berlapis kayu yang mengkilap merupakan detail yang diambil dari 909 Bergspyder dan 917. Uniknya, meski statusnya adalah mobil balap, konsumennya nanti bisa minta agar mobil ini dipasangkan AC kalau mau.

Standarnya, Porsche 935 Clubsport hanya punya 1 jok, tapi Porsche akan menyediakan jok penumpang sebagai opsional ekstra jika pembelinya perlu. Mesinnya masih mengandalkan mesin 3.800 cc flat-6 twin turbo andalan 911 GT2 RS dengan tenaga 700 PS dan girboks kopling ganda PDK 7 percepatan. Peranti balap sepert data logger dan Limited Slip Differential (LSD) spek balap sudah tersemat dengan rapi. Oh ya, mobil ini tidak road-legal.

Mobil spektakuler ini adalah hadiah ulang tahun dari Porsche Motorsport kepada penggemar di seluruh dunia,” kata Dr Frank-Steffen Walliser, Wakil Presiden Motorsport dan GT Cars Porsche. “Karena mobil tidak perlu mengikuti homologasi, insinyur dan desainer kami tidak harus mengikuti aturan yang biasa dan dengan demikian memiliki kebebasan dalam pengembangan.” Mobil ini hanya akan dibuat sebanyak 77 unit, dan harganya sekitar 700.000 Euro (12 M Rupiah). Apa opinimu soal “Moby Dick” baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: