Tokyo Motor Show 2017 : Kawasaki Z900RS Dirilis, Nostalgia Motor Tahun 70-an

Tokyo Motor Show 2017 : Kawasaki Z900RS Dirilis, Nostalgia Motor Tahun 70-an
0  komentar

Tokyo, AutonetMagz.com – Apakah kalian tahu UJM? Universal Japanese Motorcycle. Bukan, bukan sebuah perusahaan ataupun pabrikan motor kawan, namun merupakan sebuah term ataupun sebuah template yang cukup mengubah dunia di era tahun 1970 an. Pakem UJM sendiri dimulai oleh Honda CB750 pada 1969 diikuti oleh pabrikan lain seperti Kawasaki dengan Z1-nya, Suzuki dengan GS750, dan banyak motor UJM lainnya, dan berlanjut hingga hari ini.

Dan melanjutkan tradisi UJM, Kawasaki nampaknya ingin nostalgia ke jaman tahun 1970-an, dengan memproduksi sebuah motor retro modern dari basis Kawasaki Z900 yang juga masih baru diproduksi, dan inilah Kawasaki Z900RS. Kawasaki Z900RS  sendiri menjadi obat pelipur rindu para pecinta geng hijau setelah absennya seri W dalam diri Kawasaki W800 selama setahun belakangan ini karena mesin motor tersebut tersandung dengan regulasi emisi Euro 4. Dan untuk mengatasi kekosongan ini, Kawasaki menarik benang merah ke seri Z1 yang pernah mereka miliki dan menghasilkan Kawasaki Z900RS.

Untuk urusan mesin, jelas mesin yang digunakan oleh Kawasaki Z900RS  serupa dengan milik Kawasaki Z900. Namun ada sejumlah ubahan yang dilakukan pada Kawasaki Z900RS  sehingga karakter mesinnya bisa sesuai dengan segmentasinya. Mesin dengan kubikasi 948cc DOHC yang digunakan di Kawasaki Z900RS  ini sendiri memiliki tenaga maksimal 111 hp, turun 14 hp dibandingkan dengan Kawasaki Z900. Dan selain tenaganya, torsi yang dimiliki Kawasaki Z900RS  turun menjadi 72,5 Nm dari 97,8 Nm, namun kabar baiknya, torsi maksimal bisa diraih di putaran mesin dibawah 7000 rpm.

Secara arsitektur, rangka dari Kawasaki Z900RS  tak berbeda dengan Kawasaki Z900, namun ada beberapa sentuhan klasik di eksteriornya seperti tangki yang modelnya retro. Karena tak ada perbedaan di sisi rangka, sebenarnya setiap pemilik Kawasaki Z900RS  maupun Kawasaki Z900 bisa bertukar eksterior, kalau bosan. Komponen yang baru pada Kawasaki Z900RS selain tangki dan lampu depan belakang retro-nya adalah kehadiran kaliper rem radial yang juga dibekali dengan rem ABS. Selain itu hadir pula fitur traction control dengan dua mode. Dua hal ini absen di Kawasaki Z900, dan ada kemungkinan dua fitur ini baru hadir di versi penyegarannya.

Selain tampilan luar yang retro, Kawasaki Z900RS  juga dibekali dengan panel instrumen jaman dulu dengan model analog, namun juga dengan sedikit sentuhan modern dengan penambahan layar LCD kecil di tengah – tengah panel instrumennya. Jok tandem juga jadi hal wajib di sebuah motor retro seperti Kawasaki Z900RS. Namun tak seperti motor retro kebanyakan yang menggunakan suspensi teleskopik di depan dan dua suspensi di belakang, Kawasaki Z900RS  menganut suspensi USD di depan dan monoshock di belakang. Kawasaki Z900RS  sendiri hadir denga  5 pilihan warna, Candytone Brown, Candytone Orange, Metallic Spark Black, Metallic Matte Covert Green dan Flat Ebony.

Bagaimana menurut kalian Kawasaki Z900RS  ini? Sudah cukup oke kah? Yuk sampaikan pendapat kalian kawa.

Read Prev:
Read Next: