Datsun GO-Cross Akhirnya Terungkap, Inikah Calon GO+ Panca Versi Crossover?

Datsun GO-Cross Akhirnya Terungkap, Inikah Calon GO+ Panca Versi Crossover?
0  komentar
datsun go-cross

AutonetMagz.com – Datsun berusaha menarik perhatian khalayak internasional dengan mengumumkan satu mobil konsep baru lagi. Bukan Datsun redi-GO, karena itu mobil konsep lama, melainkan sesosok konsep crossover yang dinamai GO-Cross. Hm, kok nama model-model Datsun terkesan monoton ya, tidak jauh-jauh dari GO dan DO? Hanya ada GO, GO+, on-DO, mi-DO, redi-GO dan terakhir GO-Cross. Semoga besok tidak ada Datsun om-DO, bala-DO, GO-ndes atau GO-ceng.

Jelas, penampilan mobil konsep ini sangat menyita di bagian front fascia-nya. Ia punya desain lampu depan ganda, di mana bagian bawahnya berbentuk bulat seperti saudara sepupunya, Nissan Juke yang juga punya lampu depan yang bertumpuk. Keseluruhan body kit, pelek dan proporsi bentuknya cukup menjanjikan, tapi untuk ke depannya sih kami tidak berani bilang mobil ini bakal bombastis.

datsun go-cross side

Kenapa? Ya karena GO Cross ini sejatinya adalah model studi desain, basis mobil ini sebenarnya adalah Datsun GO Panca. Lihat saja, secara keseluruhan pun bentuknya GO+ Panca banget kan? Mesinnya pun diklaim bakal sama, 1.200 cc 3 silinder dengan transmisi manual 5 percepatan yang sama dengan GO Panca sekarang.

Jadi kalau sudah masuk produksi, jangan berharap banyak. Paling ini bakal jadi Datsun GO+ Panca pakai body kit crossover, meski namanya mungkin tetap GO-Cross. Bahasa kasarnya, ini adalah Nissan Grand Livina X-Gear untuk orang yang kebelet ingin beli mobil tersebut tapi kantongnya cekak.

datsun go-cross rear

Biarpun begitu, harus diakui strategi ini cocok untuk menggenjot angka penjualan di negara-negara berkembang, di mana Datsun bisa bertahan semisal di Afrika, Timur Tengah, India dan pasar Asean, khususnya Indonesia. Hal lainnya lagi, Datsun berjanji untuk segera memperkenalkan satu model all new untuk India dan Rusia.

Kami akan meluncurkan sebuah model baru pada awal 2016, yang bakal menjadi model Nissan pertama yang menggunakan basis arsitektur CMF-A buatan Renault-Nissan,” kata Vincent Cobee, Global Head of Datsun. Well, karena Vincent Cobee yang bilang, berarti kemungkinan besar mobil itu memang bakal berlogo Datsun, bukan Nissan.

datsun go-cross wallpaper

Menurutmu, bagaimana penampilan Datsun GO-Cross ini? Apa membuat kamu tertarik untuk memodifikasi Datsun GO+ Panca dengan modal body kit ala crossover seperti saudaranya, Nissan Grand Livina X-Gear? Sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next:
  • adi

    apakah mungkin lampu head lamp dan tail lamp seperti di kelas demikian?
    jangan kalau sdh versi produksi keluar jadinya lampu halogen jadul…?
    mobil di level medium aja belum ada seperti… kecuali mobil eropa dan korea.
    kita tunggu aja hasilnya……akhirnya…

    • farid

      ini masih konsep bro,tapi kalau lihat proporsi desainnya gak terlalu radikal dan hampir mendekati versi produksi.namun kalau dah diproduksi jgn banyak mengharap kalau bagian seperti headlamp,taillamp,bodykit dan roof bakal mirip dgn konsepnya,karena pasti pabrikan bakal melakukan penyerdehanaan terhadap komponen mobil buat menekan biaya produksi

  • Ugyz

    jujur gue suka model ini… gue gak sependapat dgn penulis bhw mobil ini adalah GO+panca dgn bodukit crossover.. karena sejatinya beda banget. Well semoga versi produksinya akan tdk jauh beda dan kualitasnya lbh baik dibanding pendahulunya..

    • Hillarius Satrio

      yang bilang mobil ini diambil dari GO+ Panca itu orang datsun lho ya.. bukan gue (just reminding)

  • panameraboy

    rasa2nya resep datsun GO-cross bakal kayak i20X and Livina X-Gear ya. tapi kalo kayak i20X sih menarik loh mengingat dia nambah ground clearance. btw bakal ada Ayla-cross/Ayla-X/AR-V (ayla rasa crv) kah?

    • Hillarius Satrio

      nah, kira-kira begitulah… nggak jelek sih yang ini, tapi gw pesimis sama versi produksinya. liat nanti aja deh

  • farid

    ya bisa dibilang mirip dgn honda BRV yg juga pake basis mobilio,tapi bukan berarti BRV adalah mobilio yg sekedar ditinggikan,dikasih ban berdiameter SUV,dan pake desain SUV,lebih dari itu spek dan fiturnya justru berbeda dgn mobilio.kalau datsun GO-cross yg pasti soal harganya lebih mahal dari datsun GO atau GO+ panca,karena segmen SUV harganya juga lebih mahal dari segmen mpv atau hatchback.mungkin GO-cross di-set sebagai SUV dibawah 200 jutaan,karena kebanyakan SUV di indonesia adalah diatas 200 juta,kalau soal apakah mobil ini masuk lcgc juga gak tau,tapi bisa jadi merek datsun juga melirik pasar mobil non lcgc

  • Ronny Rasdyantoro

    cakep sih.. tinggal liat versi realnya

  • Sadix

    Calon bahan modifan buat para go-ricers… hahahah

  • Goliath

    Kayaknya ntr realitanya gk sesuai ekspetasi haha

  • Fajar

    Wedehhh kaleng rombeng dibikin crossover :v

  • Shark Owner

    Udahlah jangan berharap banyak, versi produksinya kira2 nanti bakal seperti ini :

    • Oki Ngew

      Totally agreed! Kecuali bannya mungkin gak setebal itu pas versi produksinya.
      Btw rendernya dpt dari mana?n

    • Fihzan

      hmmm masih ada rasa rasa lcgc nya :v

    • Rockmeo

      Spion ny ud elektrik ato masi voice command y?
      Hahaha

    • Biante

      Nah kalo ini lebih realistis, wkwkkw…., cuman modif dikit di bodykit + aksesorisnya….

    • Andi Rahmansyah

      Hahahahhaah…datsun dari yg murah naik ke produksi yg lebih mahal itu kemajuan, tapi kalo yg mahal bergerak jadi mobil murah itu kemunduran . tunggu aja hasilnya nanti kalo sdh di produksi masal, jgn ky dukun peramal, pasar otomotif banyak strategi u penjualan. Jd lo harus jd smart buyer keputusan ada di tangan konsument .

  • aris

    Keren coy, mobil konsepnya. Mudah2 versi produksinya ga jauh beda dengan konsepnya dan harga berkisar 150 jtan

  • anwar maaruf

    Lekum, ada bhs arogan yg secara intrepetif elu gua terjemahin mewakili brand mobil tertentu. Gua interpretasi elu seolah ingin menampik datsun Go Cross akan booming. Kalo gua netral, bhw semua mobil menurut merek/brandnya punya potensi positif dan tidak perlu dicari-cari kekurangannya. Gimana?