Mobil Sport Rotary Baru Mazda Kemungkinan Besar Bermesin 1.600 cc, Sudah Pakai Twin Turbo!

Mobil Sport Rotary Baru Mazda Kemungkinan Besar Bermesin 1.600 cc, Sudah Pakai Twin Turbo!
0  komentar
render mazda sport

AutonetMagz.com – Kabar mengenai mobil sport baru Mazda belakangan ini bisa membuat jantung para penggemar mobil sport di seluruh dunia berdebar-debar. Bagaimana tidak, karena kalau sudah mendengar kata “mobil sport Mazda,” pikirannya pasti condong ke arah mobil bermesin rotary. Yang terkenal tentu saja Mazda 787B sang juara Le Mans, Mazda RX-7 yang legendaris, lalu ada Mazda Cosmo kemudian ada RX-8 yang fun namun ringkih.

Nah, media Motoring dari Australia baru-baru ini memperoleh update terbaru soal mobil yang gosipnya bakal dinamai Mazda RX-9 ini. Lebih utamanya soal mesinnya, diklaim berspesifikasi 800 cc x 2 rotor yang berarti totalnya 1.600 cc. Mungkin ini mesin 16X yang misterius itu, tapi soal apakah mesin ini bakal dinamai SkyActiv-RE, tidak ada yang tahu pasti.

Sedikit banyak, ada kesamaan dan diferensiasi antara mesin ini dengan mesin 13B-REW milik Mazda RX-7. Persamaannya, dia sama-sama punya 2 turbo, tapi kalau RX-7 pakai turbo konvensional, maka RX-9 lain. Yang satu adalah turbo elektrik, sementara yang satu lagi adalah turbo biasa. Klaim tenaga totalnya sekitar 450 hp.

render konsep mazda sport

Penyematan turbo ini dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan terbesar mesin rotary : torsi bawah-menengah yang “letoy” kalau kata orang Sunda. Di putaran bawah, turbo elektrik akan berputar untuk membantu akselerasi mobil, namun saat putaran makin tinggi, turbo konvensional siap mengambil alih tugas tersebut supaya larinya makin kencang.

Kemungkinan Mazda akan membawa mobil ini ke jalur produksi didorong oleh pengingat akan ulang tahun mesin rotary ke-50 pada tahun 2017 nanti. Jadi, nanti di Tokyo Motor Show 2015 perkenalkan konsepnya dulu, 2 tahun sisanya bisa untuk persiapan dari status konsep ke produksi. Kalau sudah keluar nanti, kami harap ia dipajang berdampingan dengan pendahulunya, yakni Cosmo, RX-7, RX-8 dan mobil rotary Mazda lainnya.

Apa ekspektasimu mengenai Mazda RX-9? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: