TNGA-B : Platform Baru Untuk All New Toyota Yaris

TNGA-B : Platform Baru Untuk All New Toyota Yaris
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir ini, kalau ada sebuah produk baru dari Toyota, maka nama ‘TNGA’ selalu saja disebut – sebut. Tak aneh memang, karena TNGA merupakan singkatan dari Toyota New Global Architechture yang menjadi standar baru yang digunakan untuk platform mobil – mobil Toyota terkini. Nah, baru – baru ini pihak Toyota menambah seri terbaru dan termungil dari TNGA yang diberi nama TNGA-B atau lebih ringkas disebut GA-B.

Sedikit flashback, sebelum TNGA-B diperkenalkan beberapa hari lalu, status platform paling mungil dari TNGA dipegang oleh TNGA-C. FYI, mobil – mobil yang menggunakan TNGA-C adalah Toyota C-HR, Toyota Prius, dan juga Toyota Corolla terbaru, termasuk All New Toyota Corolla Altis yang akan diperkenalkan minggu ini di Indonesia. Diatas platform tersebut ada lagi TNGA-K yang digunakan oleh Toyota Camry, Lexus ES, dan Toyota RAV4. TNGA-N mengisi posisi yang lebih tinggi dan digunakan oleh Toyota Crown. Sedangkan pucuk dari TNGA diisi oleh TNGA-L yang digunakan oleh Lexus LC dan LS Series.

Kembali ke TNGA-B, platform ini melakukan debutnya di Toyota Yaris generasi terbaru yang kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat. Eits, tapi ingat, Toyota Yaris disini adalah unit untuk pasar Eropa dan Jepang yang memang berbeda dengan Toyota Yaris Joker yang dijual di Indonesia. Penggunaan TNGA-B juga memberikan penegasan bahwa Toyota C-HR dan Toyota Yaris menggunakan platform yang berbeda, jadi C-HR tidak akan pernah menjadi versi SUV dari Toyota Yaris. Toyota menyebutkan bahwa TNGA-B akan memberikan sensasi berkendara yang confident dan natural.

Selain itu, TNGA-B juga memiliki kelebihan dalam memaksimalkan ruang interior, yang terwujud berkat desain yang cukup cerdas. Jadi, tak perlu terkejut jikalau mobil – mobil Toyota berbasis TNGA-B nantinya punya ruang yang lega untuk produk di kelasnya. Desainer Toyota juga dimudahkan untuk mendesain produk baru berbasis TNGA-B, karena fleksibilitasnya. TNGA-B bisa diubah – ubah ukurang wheelbase-nya, ketinggiannya, hingga lebar track-nya. Sehingga, Desainer bisa memproduksi lebih banyak jenis mobil baru dengan TNGA-B.

Terakhir, TNGA-B juga memungkinkan desainer Toyota untuk memproduksi mobil yang ceper, dengan stance yang lebar. Jadi, apa tanggapan kalian terhadap platform terbaru dari Toyota ini?

Read Prev:
Read Next: