Tips Perjalanan Mudik Yang Aman Dari Nissan

by  in  Nasional & Tips
Tips Perjalanan Mudik Yang Aman Dari Nissan
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Aktifitas mudik yang menjadi rutinitas setiap tahun tak lepas dari kendaraan dan perjalanan. Agar selamat sampai tujuan, dibutuhkan kondisi fisik kendaraan dan pengemudi yang prima serta konsentrasi saat menyetir. Karena hal ini dinilai sangat penting ditengah kecenderungan meningkatnya angka kecelakaan di jalan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengadakan smart, safety dan eco driving workshop bersama komunitas Nissan-Datsun, Sabtu 17 Juni lalu.

Acara seperti ini memang diperlukan terlebih saat musim mudik seperti saat ini. Tak lain untuk mempersiapkan mereka sebelum melakukan perjalanan mudik. Dalam workshop ini, NMI memberikan edukasi secara komprehensif mengenai tips berkendara, berbagai produk dan layanan Nissan-Datsun, serta berbagi informasi yang bermanfaat bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan cukup jauh.

Dengan meningkatnya mobilitas di masa mudik, kami ingin memastikan semua pelanggan kami dapat berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman dengan aman dan nyaman. Dengan workshop ini, kami ingin membekali komunitas Nissan-Datsun dengan berbagai tips yang bermanfaat sehingga pengalaman mudik mereka menjadi lebih menyenangkan,jelas Eiichi Koito selaku President Director Nissan Motor Indonesia di sela-sela acara.

Materi workshop tentang hal-hal yang harus diperhatikan ssat mengemudi jarak jauh, mulai dari memastikan kesiapan kendaraan hingga teknik berkendara yang aman dan nyaman yang dibawakan oleh Sugihendi, trainer Nissan College. Menurut beliau ada 10 hal penting yang harus diperhatikan dalam persiapan ini seperti, periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K dan service secara berkala.

Sedangkan untuk keselamatan berkendara, pemudik harus memperhatikan beban muatan agar tidak berlebihan, beristirahatlah setiap 4 jam mengemudi dan memastikan kaca belakang tidak terhalang pandangan karena tertutup barang bawaan. Pastikan barang di ikat dengan baik atau diberi jaring pengaman. Usahakan barang yang berat disimpan dibawah untuk menjaga stabilitas dan jangan menaruh barang bawaan melebihi ketinggian sandaran karena bisa mengakibatkan cedera serius saat kecelakaan.

Bagi pengemudi yang masih memikirkan eco-driving, Sugihendi menghimbau agar dalam akselerasi harus dilakukan secara bertahap, hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan dan menyesuaikan cara berkendara saat menghadapi kemacetan untuk menghindari konsumsi BBM yang boros.

Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus, dan apabila memungkinkan pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar,” lanjutnya

Jadi bagi yang belum berangkat, persiapkanlah segala sesuatunya dengan teliti dan jika anda melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil Nissan atau Datsun, ada 7 Nissan-Datsun Rest Point yang bisa disinggahi, 5 unit Nissan-Datsun Mobil Siaga, 17 bengkel Nissan-Datsun Siaga Plus yang terus beroperasi selama libur lebaran, 26 bengkel siaga Nissan-Datsun dan Nissan ERA (Emergency Road Assistance) yang beroperasi seperti biasa selama 24 jam sehari di 8 kota.

Selamat untuk yang merayakan lebaran, hati-hati dalam melakukan perjalanan mudik, karena keluarga menanti di rumah.

Read Prev:
Read Next: