Nissan Pathfinder 2022 : Terrano Reborn Bermuka Patrol

Nissan Pathfinder 2022 : Terrano Reborn Bermuka Patrol
0  komentar

AutonetMagz.com – Akrabkah kalian dengan nama Nissan Pathfinder? Kalau tidak, kami anggap wajar – wajar saja. Karena model ini memang tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia. Namun, sebenarnya sosok Nissan Pathfinder pernah mampir secara ‘resmi’ di Indonesia menggunakan identitas lain, yaitu Nissan Terrano. Dan kini, Nissan Pathfinder generasi terbaru telah resmi dirilis di Amerika Serikat. Yuk kita bedah apa saja yang menarik dari mobil ini.

Baby Nissan Patrol, US Style Banget

Oke, sedikit membahas sejarah dahulu sebelum masuk ke produknya, Nissan Terrano di Indonesia adalah Nissan Pathfinder generasi pertama. Berkode WD21, sebenarnya keduanya adalah produk yang sama. Pasca generasi WD21, Nissan Indonesia menghentikan penjualan Nissan Terrano. Namun, versi double cabin-nya yaitu Nissan Frontier Navara D40 masih dipasarkan di Indonesia sebelum generasi NP300 Navara dijual. Oke, kembali ke All New Nissan Pathfinder, mobil ini tampil dengan desain wajah baru yang jauh lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bisa dikatakan bahwa styling All New Nissan Pathfinder bak baby Patrol atau Armada.

Di sisi depan, All New Nissan Pathfinder menggunakan grille hitam besar dengan aksen V-Motion yang juga lebar dan berlapis krom. Aksen V-Motion ini senada dengan milik Nissan Patrol 2020 dan Nissan X-Trail T33. Logo Nissan yang digunakan sudah baru, dan bumper depannya tergolong minimalis namun dengan lekukan tegas. Kasarnya, kesannya macho. Skid plate berwarna silver dan ornamen cladding hitam diberikan di bawah grille-nya. Untuk lampu utama, All New Nissan Pathfinder menggunakan model mengotak dengan teknologi LED model reflektor. Nah, di bagian atas, ada LED DRL menyiku ala Nissan. Kap mesinnya juga menyiratkan kesan macho.

Kalau dilihat dari sisi samping, terlihat bahwa tongkrongan All New Nissan Pathfinder bergaya US Style sekali. Apalagi kalau kalian lihat pilar yang didominasi warna hitam, namun pilar C sewarna body. Fender mobil ini terlihat besar dengan over fender hitam khas SUV. Velg-nya menggunakan model dual spoke palang 5 dengan ukuran yang besar. Spionnya ada lampu sein, berwarna hitam, dan ada roofrail hitam di atapnya. Sedangkan side skirt mobil ini diberi ornamen berwarna silver, senada dengan garis jendela bawah di pintu depan dan belakang. Untuk sisi belakang, All New Nissan Pathfinder juga terbilang simple namun macho.

Lampu belakang mobil ini menggunakan model sipit dan melebar ke samping. Desain ini malah mengingatkan kami pada lampu belakang All New Mitsubishi Outlander. Bumpernya didominasi warna silver dengan reflektor di sisi kanan dan kiri. Oiya, ada emblem ‘PATHFINDER’ yang menurut kami terlampau besar di bagasi belakangnya. Sisanya, ada logo Nissan berbentuk baru, ornamen hitam di sekitaran logo, plat nomor di sisi bawah, dan rear wiper serta HMSL. Overall, Nissan bisa dikatakan sukses mendesain sosok All New Nissan Pathfinder bergaya macho, US Style, namun tetap modern dan enak dipandang.

Interior Macho, Muat 8 Orang!

Masuk ke sisi dalam, kesan macho dan American Style masih sangat kuat. Dashboard All New Nissan Pathfinder menggunakan tarikan garis mengotak dengan sudut tegas di sana sini. Penggunaan bahan soft touch juga terlihat jelas dengan jahitan yang kontras. Setirnya menggunakan model flat bottom, namun berbeda dengan kebanyakan setir Nissan yang bergaya sporty. Setir ini terlihat lebih tough dengan tombol di sisi kanan kiri. Oiya, Panel instrumen mobil ini juga sudah full digital. Sedangkan di sisi tengah, ada kisi AC model horisontal, layar sistem infotainment model pop out, dan kontrole AC yang rapi.

Untuk konsol tengah, bagian ini mengingatkan kami pada mobil milik range rover dengan bentuk minimalis, dan tegas. Tuas transmisinya minimalis, dengan tombol tersendiri untuk mode P (Parking). Di dekatnya juga ada tombol EPB dengan auto hold, lalu pilihan mode berkendara dan juga idling stop system. Pengguna juga dimanjakan dengan panoramicsunroof di atapnya. Di baris kedua juga ada controller AC, usb port, power outlet, dan kisi AC individual. Oiya, kursi baris keduanya berupa captain seat lho. Tapi, kalau kalian ingin memaksimalkan daya angkutnya, kalian bisa membeli versi kursi standar, dan All New Nissan Pathfinder bisa diisi 8 orang penumpang.

Mesin Bertenaga, Transmisi Bukan CVT!

Untuk urusan mesin, All New Nissan Pathfinder mengandalkan mesin 3.500cc V6 yang memiliki tenaga maksimal 284 hp dan torsi 351 Nm. Jelas ini merupakan mesin yang besar untuk menjadi dapur pacu mobil yang bongsor pula. Untuk transmisi, kali ini Nissan tak memilih menggunakan transmisi CVT lagi. Transmisi yang digunakan di All New Nissan Pathfinder adalah transmisi 9 percepatan otomatis, thank God. Sedangkan di sisi fitur, All New Nissan Pathfinder dibekali Nissan ProPILOT Assist yang berisikan fitur ADAS seperti Adaptive Cruise Control dan kawan – kawannya. Oiya, ada juga sepaket sistem audio BOSE dengan 13 buah speaker.

Sayangnya, Nissan belum mengumbar berapa harga dari All New Nissan Pathfinder ini. Kita nantikan saja. Akankah All New Nissan Pathfinder menuju ke Indonesia? Nampaknya masih kecil kemungkinannya, namun kita tak bisa menutup kemungkinan. Toh, Hyundai Palisade saja dijual disini.

Read Prev:
Read Next: