Tips Merawat Mobil di Musim Pancaroba, Simak Kiat-kiat Dari Scuto Berikut Ini!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Tips Merawat Mobil di Musim Pancaroba, Simak Kiat-kiat Dari Scuto Berikut Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Menjelang akhir tahun, biasanya kondisi cuaca sering berubah dan tidak menentu.
Kondisi cuaca yang silih berganti seperti hujan, panas, dan lembab tentu membuat mobil menjadi rentan terhadap kotoran. Maka dari itu, para pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra demi menjaga penampilan mobil. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat eksterior mobil di musim pancaroba agar penampilannya tetap terjaga.

Bodi dan Kaca

Langkah pertama, jangan biarkan air hujan meninggalkan noda, segera bilas dan bersihkan setelah hujan. Memoles bodi bisa melindungi cat mobil untuk kondisi panas dan hujan. Saat memoles bodi mobil, sebaiknya tidak dilakukan pada cuaca panas atau terkena cahaya matahari langsung. Pemolesan sederhana bisa dilakukan dengan pengaplikasian wax cair. Cukup semprotkan ke permukaan cat, kemudian lap dengan kain microfiber. Seperti lotion yang digunakan pada kulit, Liquid Wax menjaga permukaan cat kendaraan agar tidak mudah kering dan kusam serta meningkatkan kilap cat mobil.

Selanjutnya adalah bagian kaca yang paling rentan terkena jamur. Untuk pembersihan jamur kaca yang simpel dapat menggunakan sabun cair cuci piring. Tapi perlu diingat penggunaannya jangan sampai mengenai bodi mobil, karena kandungannya berpotensi merusak cat. Hindari penggunaan sendiri obat jamur kaca yang beredar diluar, kadar kimia yang beragam pada setiap produknya jika digunakan dengan tidak tepat maka dapat menyebabkan kaca rusak dan berpotensi terbakar

Bagian Krom, Wiper, dan Velg

Sementara untuk komponen berlapis krom, cukup bersihkan pakai air dan dilap dengan kain lembut. Kalau noda masih membandel, bersihkan dengan lap microfiber dan bantuan wax atau kompon kering dengan butiran halus. Untuk karet wiper juga perlu dilap untuk hilangkan debu dan kotoran, segera ganti dengan yang baru bila karet wiper telah getas atau rusak. Jangan lupa mengecek tabung air wiper, pastikan tabung wiper selalu terisi air atau wiper fluid.

Sedangkan untuk bagian velg, sebelum mencuci bagian velg sebaiknya bersihkan bagian sepatbor terlebih dahulu. Gunakan spons yang memiliki tekstur halus agar tidak merusak permukaan velg. Gunakanlah sikat gigi atau kuas untuk menggapai daerah yang sulit dijangkau seperti pada velg jari-jari. Bila sudah bersih, keringkan dengan lap berbahan shammy atau chamois (kanebo). Scuto saat ini sudah memiliki memiliki serangkaian produk car care seperti Liquid Wax, Engine Degreaser, Tyre Shine, Interior Shine, dan Vinyl Restoner. Bagaimana? simpel bukan? Jadi anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Read Prev:
Read Next: