Tips Memilih Oli Untuk Kendaraan Anda, Pilih Dengan Bijak

by  in Advertorial
Tips Memilih Oli Untuk Kendaraan Anda, Pilih Dengan Bijak
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian pernah kesulitan memilih sebuah oli untuk mobil anda? Oli ada banyak macamnya, dan setiap oli memiliki karakteristik yang berbeda. Tentunya anda tak mau salah membeli oli kan? Karena oli merupakan bagian yang penting untuk mobil anda. Nah, sekarang kami dari kru AutonetMagz akan memberikan beberapa cara mudah untuk memilih oli yang tepat untuk mobil kesayangan anda, check this out.

TIPS #1 : Kenali Mobil Anda

Tips pertama dalam memilih oli untuk kendaraan anda adalah mengerti tentang karakter mobil anda. Ya, mobil memiliki karakter yang berbeda, baik tipe maupun pabrikan memiliki karakter yang khas milik mereka. Dan oleh karena itu, memilih oli tentulah perlu pemahaman terlebih dahulu tentang mobil anda. Dan memahami mobil anda tidaklah susah, tak perlu anda datang dan berguru di dealer mobil tempat anda membeli mobil anda, karena ada manual book yang diberikan oleh pabrikan. Selain itu pilihlah produsen oli yang memiliki variasi produk yang beragam seperti Federal Mobil Lubricants.

TIPS #2 : Kenali Viskositas Oli

Tips kedua adalah anda harus mengerti mengenai kadar kekentalan alias viskositas dari oli yang diperlukan oleh mobil anda. Mengapa begitu? Ya, seperti yang kami katakan di artikel kami sebelumnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi, melindungi mesin, dan juga mendinginkan suhu mesin. Tentu anda harus teliti dengan kadar kekentalan dari oli. Oli yang memiliki kadar kekentalan yang bagus adalah oli Full Synthetic, karena oli tipe ini cocok untuk mesin – mesin kekinian. Kadar kekentalan oli sendiri bisa kalian lihat dari nomor SAE alias Society of Automotive Engineer. Dalam kode tersebut, angka yang besar semakin menunjukkan bahwa oli semakin kental. Contoh, produk Federal Mobil Lubricants Full Synthetic Rextron 0W-20 menunjukkan bahwa pada konsisi winter menunjukkan angka kekentalan 0 dan di kondisi panas 20.

TIPS #3 : Kenali Bahan Baku Oli

Tips selanjutnya adalah mengerti bahan baku dari oli yang anda pilih. Ya, kita tahu bahwa ada beberapa tipe oli, dimana ada Oli Full Synthetic, ada oli Semi Synthetic, dan ada oli biasa alias oli Non Synthetic. Dan untuk mobil – mobil kalian yang bertahun muda, tentunya oli Full Synthetic adalah pilihan terbaik, karena Oli Full Synthetic dibuat dari bahan kimia dengan sifat aditif dan Oli Full Synthetic memiliki indeks viskositas yang lebih baik sehingga pelumasan bisa dilakukan secara merata. Selanjutnya Oli Full Synthetic juga terkenal tak mudah menguap. Selain itu masih banyak keunggulan lain yaitu seperti Tahan terhadap gesekan dan melumasi mesin dengan lebih baik, Lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi, Dapat menjaga kebersihan mesin karena mengandung detergen.

TIPS #4 : AWAS!! Ada Oli Palsu

Nah, tips terakhir yang akan kami bagikan disini akan lebih ke arah himbauan, karena kenyataannya saat ini cukup banyak oli abal-abal di pasaran. Oli abal-abal ini sendiri biasanya dipatok dengan harga pasaran yang murah sebagai iming – iming. Dan biasanya, penjualnya juga akan cukup persuasif kepada anda untuk membeli oli abal – abal tersebut. Tentunya Oli abal – abal tak akan bekerja baik di mesin mobil anda. Ada beberapa ciri – ciri oli abal – abal, antara lain adalah warnanya yang pekat dan hitam, lalu akan terasa kasar saat terkena kulit manusia, karena ada kandungan logamnya. Selanjutnya, oli abal – abal sangat tengik. Tentunya jangan sampai anda terjebak dengan oli abal-abal, belilah oli yang sudah pasti dan jelas produsennya seperti produk – produk dari Federal Mobil Lubricants.

Oke, jadi itulah tips ringan yang bisa kami bagikan di Advertorial kali ini. Tentunya kita tak boleh main – main perkara oli mobil, karena oli mobil adalah bagian yang esensial yang mendukung kerja mobil menjadi maksimal. Bagaimana menurut kalian? Apakah mungkin kalian punya pengalaman yang bisa menambah deretan tips ini? Yuk sampaikan komentar kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: