Tidak Laku, Honda NSX Minggat dari Pasar Jepang!

Tidak Laku, Honda NSX Minggat dari Pasar Jepang!
0  komentar

AutonetMagz.com – Harus diakui, kelas mobil super sport biasanya memang bukan ranah yang subur atau gemah ripah buat merek mobil normal asal Jepang. Bukan berarti merek Jepang tidak bisa membuat supercar bagus, malah sebaliknya. Jepang berkali-kali membuktikan bahwa meski mereka adalah kandangnya mobil rakyat biasa, mereka juga bisa bikin mobil super kelas dunia kalau sudah serius, bahkan merek Eropa yang dalangnya supercar bisa ketar-ketir dibuatnya.

Mobil-mobil seperti Nissan GT-R, Lexus LFA dan Honda NSX adalah contohnya. Saat ini, yang terus diproduksi hanya GT-R dan NSX, tapi NSX sendiri rupanya sedang dapat cobaan yang kurang enak. Mobil super sport bertenaga hybrid ini harus pamit dari pasar kampung halaman Honda, yakni Jepang karena penjualan yang bisa dibilang menyedihkan. Memangnya seberapa kecil penjualan supercar Honda ini?

Tidak Sampai 130 Unit!

Sebenarnya belum diketahui seberapa kecil jumlah penjualan Honda NSX di Jepang, namun nampaknya jumlah penjualan NSX di Amerika Serikat bisa menjadi bahan acuan yang bagus. Pada tahun 2020, Audi berhasil menjual 583 unit Audi R8 dan Mercedes-Benz bisa menjual 2.400 unit AMG GT. Bagaimana dengan NSX? Hanya laku 128 unit! Bahkan BMW i8 yang stop produksi tahun 2020 kemarin bisa terjual 190 unit.

Pada laman resmi Honda Jepang, Honda NSX tahun 2020 sudah dinyatakan sebagai mobil yang “Tidak dijual lagi”. Situs otomotif Jepang, Car Watch sudah mengontak bagian humas Honda Jepang yang mengonfirmasi bahwa NSX 2020 memang sudah tidak dijual lagi. Sebelumnya, Honda NSX juga pamit dari pasar Australia setelah mobilnya hanya terjual 0 unit alias tidak laku sama sekali. Berat juga jadi NSX ya…

Honda Tetap Produksi NSX

Meski Honda NSX sudah tidak dijual lagi di Australia dan Jepang, namun bukan berarti populasinya langsung distop begitu saja. Beberapa dealer Honda di Jepang masih menawarkan NSX melalui layanan langganan mobil yang berbasis durasi. Artinya, pembeli bisa memakai NSX dengan harga yang jauh lebih murah daripada harus beli seperti biasanya, namun setelah periode waktu tertentu mobilnya harus dikembalikan.

Sebagai tambahan, pamitnya Honda NSX dari beberapa pasar di dunia tidak mempengaruhi pabrik utama tempat produksi NSX yang berada di Amerika Serikat. Acura, merek mewah Honda yang ada di Amerika bahkan bilang kalau pengiriman NSX 2021 ke konsumen di Amerika baru saja berjalan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: